DETAIL INFORMASI
UPN Ukir Prestasi Semester Pertama 2017 :: dipost pada 17 Juli 2017
smile

SLEMAN – UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mencetak prestasi di semester pertama tahun 2017. Prestasi pertama kampus bela negara ini yaitu dalam SBMPTN, nilai rata-rata calon mahasiswa yang diterima di UPNVY menduduki peringkat ke-10 di Bidang Sain dan Teknologi, sedangkan di Bidang Sosial Humaniora berada di peringkat ke-8 dari seluruh PTN yang ada di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Rektor UPNVY, Prof.Dr.Ir.Sari Bahagiarti K,M.Sc., dalam sambutannya pada wisuda ke-4 periode TA 2016/2017, Sabtu (15/7/2017).

 

“Selaku Rektor saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala upaya yang telah dilakukan oleh seluruh sivitas akademika dan pegawai UPN Veteran Yogyakarta dalam memajukan dan meningkatkan kualitas lembaga,” ujar Rektor.

 

Pada tahun ini UPNVY menjadi salah satu pemenang hibah konsorsium Tahap I yang diselenggarakan oleh Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kementerian Ristekdikti. Hibah konsorsium tersebut tentang Metode Penambangan Terbuka dan melibatkan beberapa PTN lainnya, yaitu Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjungpura, dan Universitas Palangkaraya.

 

Pada saat ini UPNVY tengah terlibat dalam Ekspedisi 2017 yang melakukan penelitian tentang paleotsunami (tsunami purba) di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Timur, meliputi Bali, Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku.

 

“Ekspedisi 2017 dilaksanakan oleh tim peneliti multidisiplin dari Amerika Serikat dan dari Indonesia. Ketua Tim peneliti AS adalah pakar geologi dinamik Prof. Dr. Ron Harris dari Birgham Young University, sedangkan tim peneliti UPN yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral,” sambung Rektor.

 

Lebih lanjut dalam sambutannya Rektor mengatakan pada tanggal 30 Juni 2017 Fakultas Pertanian UPNVY terlibat aktif dan ambil bagian dalam peresmian pendirian Asean Agricuture University Network (AAUN) di Chiang Mai, Thailand. UPNVY merupakan salah satu penggagas berdirinya organisasi tersebut bersama Maejo University. Peresmian dan pendirian AAUN dihadiri oleh delegasi-delegasi dari 25 perguruan tinggi yang berasal dari negara-negara ASEAN.

 

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi dan Magister Manajemen Bencana mulai menerima mahasiswa baru pada semester genap tahun Akademik 2016/2017. Sementara itu Program Studi Doktoral Teknik Geologi akan mulai menerima mahasiswa baru pada semester gasal tahun Akademik 2017/2018. Di sisi lain surat ijin pendirian Program Studi Hubungan Masyarakat Fisip akan  menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2018/2019 sesuai dengan diterbitkannya surat ijin pendirian oleh Kemristekdikti kepada UPNVY. (wwj/humas)