DETAIL INFORMASI
UPNVY RAYAKAN KEMERDEKAAN RI KE-73 BERSAMA MAHASISWA BARU :: dipost pada 17 Agustus 2018
smile

Sleman-UPN “Veteran” Yogykarta melaksanakan upacara bendera di lapangan upacara di Belakang Gedung Rekorat Kampus Pusat, pada hari Jumat (17/08.2018). Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu para dekan, pimpinan UPNVY dan fakultas, juga para pegawai UPNVY seperti satpam, dan para mahasiswa baru  2018.

Rangkaian upacara HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di UPNVY ini dimulai dari kegiatan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan kegiatan mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, pemberian penghargaan masa kerja pegawai 10, 20, 30 tahun, sambutan pembina upacara, dan ditutup dengan pembacaan doa.

Selaku pembina upacara, Pejabat Rektor UPNVY Prof.Dr.Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc membacakan pesan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mengusung tema “KERJA KITA, PRESTASI BANGSA,”. Dalam suratnya ini, Mohanad Nasir mengatakan bahwa pemanfaatan iptek dan inovasi bagi masyarakat, khususnya pelaku ekonomi dan industri, masih perlu ditingkatkan lagi. Untuk itu, sebagai institusi iptek kita harus terus meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat, sehingga iptek dan inovasi memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan menjawab permasalahan bangsa.

“Kita masih harus bergulat untuk mengatasi banyak tantangan, diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing, dan revolusi Industri 4.0. Tantangan-tantangan ini tidak boleh menjadi aral semangat kita, karena kita yakin, sepanjang kita bersatu, bergotong-royong, bersungguh-sungguh dan bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja amanah pada bidang tugas kita masing-masing, kita akan mampu menjawab tantangan ini. Menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation. Literasi Data merupakan kemampuan mahasiswa kita untuk membaca, menganalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Literasi Teknologi merupakan kemampuan untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja, seperti Coding dan Artifical Intelligence, serta prinsip-prinsip teknik rekayasa. Sedangkan Literasi Manusia merupakan sisi kemanusiaan, komunikasi dan desain kreatif. Ketiga literasi baru ini perlu dikuasai oleh semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Untuk menanamkan literasi itu, para dosen, guru, maupun tenaga kependidikan juga harus meningkat kualitasnya, terutama pada skills kepemimpinan dan kerja sama tim, kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global, serta mempunyai kemampuan entrepreneurship, termasuk penguasaan social entrepreneurship. Dengan penguatan ini, saya yakin kita akan mampu melewati tantangan revolusi industri 4.0 dan menjadi salah satu negara yang memiliki daya saing tinggi, tambahnya.

Menurutnya untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. KERJA KITA, PRESTASI BANGSA.


17.jpg