DETAIL INFORMASI
Fakultas Pertanian
agriculture.upnyk.ac.id

Kebijakan dan arah pengembangan Fakultas Pertanian bertumpu pada tiga pilar, yaitu kemandirian (autonomy), akuntabilitas (accountability), dan jaminan kualitas (quality assurance). Fakultas Pertanian mempunyai komitmen untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan melalui pendidikan dan penelitian yang berkualitas. Mahasiswa dididik untuk menguasai pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian sekaligus mempunyai jiwa kewirausahaan.

Lulusan Fakultas Pertanian diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pengembangan ekonomi baik di tingkat lokal, regional maupun nasional dan dapat mengelola sumberdaya alam dengan lebih baik untuk pembangunan yang berkelanjutan. Kerjasama dengan pemangku kepentingan (stake holders) di bidang pertanian (lembaga pemerintahan, perusahaan agrobisnis, lembaga riset, dll.) memungkin mahasiswa untuk magang dan mempelajari aplikasi ilmu yang mereka pelajari di dunia kerja.

Visi
Menjadi Fakultas yang unggul dan profesional di bidang pertanian dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, dilandasi oleh disiplin, kejuangan, kreativitas dan berwawasan global.

Misi
- Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian
- Mencitrakan kembali keunggulan bidang pertanian
- Membentuk dan menghasilkan pioner pembangunan di bidang pertanian yang profesional.
- Membentuk dan menghasilkan Sarjana Pertanian yang mempunyai disiplin, berjiwa kejuangan, berkreativitas, dan berwawasan global
- Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik yang berdaya saing untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi.

Tujuan Strategis
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa disiplin, kejuangan dan kreativitas.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menunjang pengembangan proses pembelajaran.
- Mengembangkan kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk menerapkan IPTEK dalam rangka meningkatkan keberdayaan masyarakat
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen kelembagaan untuk menghasilkan tata kelola sarana dan prasaran Fakultas Pertanian yang baik dan transparan.
- Memperluas jaringan kerjasama untuk meningkatkan kepakaran dosen sesuai bidang ilmunya.