DETAIL INFORMASI
Teknik Lingkungan

Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, yang dikenal juga sebagai Teknik Lingkungan “Kebumian” mengarahkan pendidikan lingkungan dalam bidang teknik pengelolaan lingkungan berbasis rekayasa teknologi yang terkait dengan tindakan pelestarian fungsi bumi dengan cakupan: perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum (UURI No. 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup).

Konsep Ilmu Kebumian harus dipahami melalui pendekatan Sistem Bumi (Earth System). Memahami bumi sebagai suatu sistem pada prinsip adalah melihat sistem alami yang ada di bumi (dan sekitarnya) secara keseluruhan sebagai faktor-faktor yang saling terkait secara integral. Penyusunan kurikulum pendidikan Teknik Lingkungan akan diwarnai oleh wawasan pengelolaan lingkungan hidup berbasis rekayasa teknologi yang menjadi karakteristik khas Teknik Lingkungan FTM UPNVY yang membedakan dengan pendidikan Teknik Lingkungan di universitas yang lain. 

VISI

Visi Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta adalah menjadi Program Studi Teknik Lingkungan berbasis riset ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pelestarian fungsi bumi untuk menghasilkan pionir pembangunan yang professional di era global dengan dilandasi jiwa bela negara.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bagi peserta didik dari dalam dan luar negeri dalam upaya pelestarian fungsi bumi dengan pendekatan kerekayasaan kebumian guna menghasilkan pionir pembangunan yang profesional di era global yang dilandasi jiwa bela negara.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pelestarian fungsi bumi melalui pengembangan ilmu pengetahuan serta pemutakhiran teknologi sesuai dengan kondisi teraktual di bidang pertambangan; perminyakan, gas bumi, dan panas bumi; serta pembangunan wilayah dan kebencanaan.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat di bidang pengelolaan lingkungan hidup guna melestarikan fungsi bumi.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dalam lingkup nasional maupun internasional untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

  1. Peningkatan kualitas lulusan yang mampu melestarikan fungsi bumi di bidang pertambangan; perminyakan, gas bumi, dan panas bumi; serta pembangunan wilayah dan kebencanaan guna menghasilkan pionir pembangunan yang profesional di era global dilandasi jiwa bela negara.
  2. Peningkatan kualitas penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pelestarian fungsi bumi melalui peningkatan hasil luaran penelitian sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan pengabdian masyarakat.
  3. Membantu meningkatkan pelestarian fungsi bumi di lingkungan masyarakat melalui pengabdian masyarakat di bidang rekayasa pengelolaan lingkungan hidup.
  4. Peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dalam lingkup nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan di bidang pendidikan, penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengabdian masyarakat.

 

Ruang Lingkup Kegiatan Kerja Sarjana Teknik Lingkungan

 Sarjana Teknik Lingkungan dapat bekerja di:

  1. Sektor pertambangan dan perminyakan,
  2. Lingkungan BUMN maupun swasta
  3. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah
  4. Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral
  5. Direktorat Pembangunan Masyarakat Desa
  6. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  7. Departemen Pertanian dan Kehutanan
  8. Badan Perencanaan: BAPPENAS dan BAPPEDA
  9. Kantor Lingkungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup
  10. Dinas-dinas sektoral/teknis di tingkat daerah
  11. Badan Pertanahan Nasional (BPN)
  12. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  13. Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)
  14. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
  15. Departemen Dalam Negeri
  16. Tenaga edukatif dan peneliti
  17. Sektor Perbankan
  18. Sektor Swasta dan Masyarakat lainnya: Konsultan dan LSM

Akreditasi

Sesuai dengan  Surat Keputusan Badan Akreditasi nasional ( BAN PT)  nomor : 061/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2012  Prodi Teknik Lingkungan UPN "Veteran" Yogyakarta  telah terakreditasi  dengan peringkat B

Program Pendidikan

 Program pendidikan Teknik Lingkungan di Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta adalah strata satu (S-1) dengan masa studi 8 semester (4 tahun) serta beban studi yang harus ditempuh setidaknya 145 sks.

Kegiatan Mahasiswa
Untuk menunjang proses kegiatan intra-kurikuler maka mahasiswa dapat mengikuti kegiatan co-kurikuler yang beragam melalui pelatihan, seminar, workshop, dan studi ekskursi tiap tahunnya. Selain itu juga ada kegiatan ekstra kurikuler bagi mahasiswa.

Beasiswa
Bagi mahasiswa yang berprestasi dan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa dapat diusulkan untuk menerima beasiswa yang berasal dari: Departemen Pertahanan, UPN “Veteran” Yogyakarta, Supersemar, Dikti/Kopertis, Exxon Mobil Oil, Pertamina, Kaltim Prima Coal, Freeport, Astra, Petrochina, Alumni

Kerjasama
Kerjasama yang telah dilakukan oleh Prodi Teknik Lingkungan kebanyakan dilakukan menggunakan payung Nota Kesepahaman di tingkat universitas, antara lain dengan:

  1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”
  2. Pemerintah Provinsi Gorontalo
  3. Universidade de Paz (UNPAZ) Timor Leste
  4. Badan Operasi Bersama PT. Bumi Siak Pusako – PERTAMINA Hulu Jakarta
  5. Badan Geologi Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral

Selain itu, Prodi Teknik Lingkungan sedang merintis kerjasama dengan School of Environmental Science and Management, Southern Cross University, Australia dalam hal pertukaran mahasiswa, pertukaran tenaga pengajar, penelitian bersama, pemakaian alat-alat laboratorium dan sebagainya. Perintisan kerjasama ini dimulai dengan adanya perkenalan antarjurusan dan kuliah umum oleh dosen School of Environmental Science and Management, Southern Cross University, Australia di Prodi Teknik Lingkungan FTM UPNVY pada bulan Februari 2010.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi http://lingkungan.upnyk.ac.id/