DETAIL INFORMASI
Teknik Geologi :: dipost pada 13 Februari 2014

Visi
Menjadi lembaga pendidikan dan riset ilmu – teknologi kebumian, berwawasan kebangsaan, berkualitas internasional.

Misi
Misi program sarjana di Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan riset IPTEK kebumian berbasis kompetensi dengan dukungan kurikulum bernuansa riset.
  2. Mencetak sarjana-sarjana teknologi mineral yang memiliki jatidiri semangat kebangsaan, nilai kejuangan, disiplin, dan kreatif, mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan jaman.
  3. Menciptakan produk-produk Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung pembangunan nasional.
  4. Membangun sumberdaya manusia ESDM yang kredibel di tingkat nasional maupun internasional.


Tujuan
Tujuan program sarjana di Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu:

  1. Menghasilkan Sarjana Teknik Geologi yang mampu menyelenggarakan pendidikan dan riset ilmu Teknik Geologi yang berwawasan kebangsaan, kelestarian lingkungan untuk mendukung pembangunan nasional.
  2. Menghasilkan Sarjana Teknik Geologi yang memiliki dasar ilmu pengetahuan kebumian yang kuat untuk mengembangkan diri pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan atau menyesuaikan diri dengan bidang kegiatan yang diterjuni, profesional, bertaqwa kepada Tuhan YME, disiplin, kreatif dan daya juang yang tinggi.
  3. Menghasilkan Sarjana Teknik Geologi yang mampu meningkatkan fungsi dan kualitas pelaksanaan Proses Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang berlandaskan norma-norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional.

Sasaran
Sasaran program sarjana di Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam ilmu geologi, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya.
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku, yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang geologi maupun dalam kehidupan bersama di masyarakat dan berwawasan kebangsaan.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan keahliannya baik nasional maupun internasional.

Sarana Pendidikan
Penyelenggaraan kegiatan akademik Program Studi Teknik Geologi didukung oleh prasarana dan sarana fisik, berupa ruang kuliah, laboratorium/studio, perpustakaan dan perangkat-perangkat lunak (software). Selain tentunya penciptaan terus menerus suasana akademik yang kondusif dengan melibatkan industri, pihak pemerintah, organisasi profesi dan seluruh komponen sivitas akademika.


Kegiatan belajar mengajar dan bahan kajian:
Pogram Studi Teknik Geologi telah menerapkan Sistem Kredit Semester sejak tahun 1980, yang secara konsisten dikaji kemajuan penerapannya. Selain tatap muka di kelas, juga dilakukan praktikum di laboratorium. Laboratorium (Lab) Paleontologi untuk praktikum Paleontologi dan Mikropaleontologi; Lab Petrologi untuk praktikum Mineralogi, Petrologi, Mineralogi Optik, Endapan Mineral, dan Petrografi; Lab Sedimentologi untuk praktikum Sedimentologi dan Geologi Migas; Lab Geomorfologi untuk praktikum Geologi Inderaja dan Geomorfologi; Lab Geologi Dinamis untuk praktikum Volkanologi dan Geologi Struktur; Lab Geologi Teknik untuk praktikum Geologi Teknik dan Hidrogeologi; Lab Geokomputasi untuk praktikum Geokomputasi dan Teknik Komunikasi Geologi; Lab. Penelitian untuk Riset dan Skripsi

Program Studi Teknik Geologi juga didukung dengan Software berlisensi bagi pemodelan, pemprosesan data dan analisis, yakni: Software Geovecteur untuk Seismic proccessing atas lisensi Elnusa Geosain; Visual Modflow untuk Pemodelan sistem air tanah dan Representasi data hidrokimia; Geotek untuk Analisis mekanika tanah; HCgram untuk Representasi data hidrokimia; Slope stable untuk Analisis kestabilan lereng; Lopatin untuk Analisis kematangan minyakbumi dan Analisis kompresi; Surver 8 untuk Pembuatan peta kontur 2D & 3D; Rockworks '99 untuk Manajemen & analisis data geologi dan Visualisasi data geologi; Mapinfo v.8 untuk Analisis data spatial & non spatial dan Aplikasi SIG; Dips 2.0 untuk Analisis data struktur geologi; Newpet untuk Analisis kimia (anorganik) batuan; Igpet untuk Analisis kimia batuan beku; Gravity untuk Analisis tahanan jenis batuan.

Selain perkuliahan di kelas dan laboratorium, kegiatan belajar dan mengajar juga dilakukan di lapangan dalam bentuk:Geologi Lapangan selama 10 hari, Pemetaan Geologi 15 hari, serta Kerja praktek (cooperative work) di industri pertambangan dan migas

Koleksi-koleksi pendukung lainnya
Perpustakaan program studi mempunyai koleksi: Buku teks sebanyak 968 judul dan 1556 eksemplar;Prosiding sebanyak 20 juduk dan 24 eksemplar, Jurnal berlangganan tetap 6 judul (triwulan & semester) serta mempunyai koleksi 2.500 buku lebih laporan hasil pemetaan geologi di seluruh wilayah Indonesia yang sebagiannya telah di buat interaktif dalam teknologi informasi. Selain hal tersebut dimiliki pula koleksi peta geologi seluruh Indonesia serta peta-peta rupabumi skala 1:250.000.

Kerjasama
Bahwa untuk lebih mengembangkan, meningkatkan, dan memperlancar usaha-usaha pendidikan, penelitian pengabdian kepada masyarakat, prodi Teknik Geologi telah mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak baik instansi pemerintah, perusahaan pertambangan, perminyakan maupun perguruan tinggi lain (PTN dan PTS ) antara lain:

Lembaga pemerintah:
Kementerian ESDM (Ditjen Migas, Ditjen Minerbapabum, Badan Geologi, Badan Litbang, Badan Diklat), Kementerian PU, Kementerian Dalam Negeri, LIPI, BMKG, BUMN, Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten)

Industri pertambangan:
PT. Freeport Indonesia, PT. Berau Coal, PT. Pama Persada, PT, Bukit Asam, PT. Newmont, PT. Indominco Mandiri Coal, PT. Adaro, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Bumi Cakrawala Sebuku Coal, PT. Harita Bumi Mineral, PT. Inco Nikel, PT. Yudistira Nikel, PT. Putra Alam Batubara, PT. Bukit Makmur Sentosa Coal, PT. Ketadin Emas, PT. Tanito Harum Coal, dan lain-lain

Industri perminyakan:
Pertamina, Elnusa, Chevron, Petrochina, Conoco Philips, Halliburton, Schlumberger, Exspan, Geodata, Exlogg, total dan lain-lain.

Alumni
Lulusan Program Studi Teknik Geologi UPN "Veteran” Yogyakarta dikenal ulet dan berdedikasi tinggi, tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan beberapa di luar negeri. Baik di instansi swasta asing maupun nasional, lembaga pemerintah maupun non pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain.
Umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan dilakukan secara tertulis, melalui email: geologi@upnyk.ac.id atau http://geologi.upnyk.ac.id dan http://blog.iageoupn.com. Sedangkan cara tidak langsung dengan mendatangkan baik para alumni atau pengguna lulusan (kalangan industri/perusahaan), untuk memberi ceramah maupun gambaran dunia kerja bagi lulusan Teknik Geologi.

Kelompok masyarakat pemrakarsa:
Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI); Komite Nasional Pendidikan Geologi Indonesia (KNPGI);
Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI); Indonesian Assocciation of Geothermal (INAGA); American Assocciation of Petroleum Geologist (AAPG); Indonesian Petroleum Assocciation (IPA); Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN) dan Keluarga Ikatan Alumni Teknik Geologi UPNVY (IAGEOUPN)