DETAIL INFORMASI
Teknik Kimia :: dipost pada 24 April 2014

Website : tekim.upnyk.ac.id

Prodi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) merupakan kelanjutan dari Jurusan Teknologi Perusahaan Akademi Pembangunan Nasional (APN) "Veteran" Yogyakarta yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Urusan Veteran RI. No. 139/Kpts/1958, tanggal 8 Oktober 1959. Sejak tanggal 30 Juli 1965 diubah menjadi Fakultas Teknik Kimia Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) "Veteran" Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Urusan Veteran dan Demobilisasi Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 140/Kpts/1965, tanggal 30 Juli 1965. Berdasarkan Surat Keputusan Men. Hankam/Pangab No. Skep/1555/XI/1077, tanggal 30 Nopember 1977, nama PTPN "Veteran" diubah menjadi UPN "Veteran". Dalam rangka penataan UPN "Veteran" maka Fakultas Teknik Kimia (FTK) selanjutnya berubah menjadi Fakultas Teknologi Industri (FTI), dengan Jurusan Teknik Kimia merupakan salah satu Jurusan disamping Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Industri. Jurusan Teknik Kimia mempunyai dua Program Studi, yaitu Program Studi Teknik Kimia S1 dan Program Studi Teknik Kimia D3.

Pada proses perubahan status dari Perguruan Tinggi Kedinasan menjadi Perguruan Tinggi Swasta, maka pada tanggal 27 Februari 1993, terjadi pelimpahan wewenang dan tanggung jawab pembinaan UPN "Veteran" ke Yayasan Panglima Besar Sudirman. Pada tanggal 29 November 1994 berdasar Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI No. 0307/0/1994/Kep/10/X/1994, akhirnya berubah status menjadi Perguruan Tinggi Swasta. Penetapan status disamakan kepada Program studi untuk jenjang program S1 teknik kimia UPN " Veteran" Yogyakarta pada tanggal 27 Februari 1995 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.021/D/O/1995 dengan pejabat Bambang Suhendro. Hasil dan Peringkat Akreditasi Jurusan Teknik Kimia untuk program S1 berdasar Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 001/Ban-PT/AK-I/VIII/1998 tanggal 11 agustus 1998 dengan hasil terakreditasi B. Akreditasi pada tahun 2003 dengan nomor: 05905/Ak-VII-S1-029/UPHT/IX/2003 dengan hasil B (sertifikat terlampir). Kampus Prodi Teknik Kimia terletak di area kampus terpadu unit I Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Condongcatur, Yogyakarta, luas 141,452 m2, lantai 4, bersih dan segar dengan lingkungan hijau, terletak di tepi jalan utama, dilewati berbagai jalur angkutan kota atau antar kota, berada di lingkungan perguruan tinggi besar lainnya sehingga nuansa kehidupan mahasiswa sangat kondusif.

Visi
Menjadi Jurusan Teknik Kimia yang unggul dalam bidang rekayasa kimia yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, berjiwa kejuangan, berwawasan kebangsaan dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Misi 
1.Menyelenggarakan pendidikan Teknik Kimia dengan mengedepankan mutu hasil didik yang didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman. 
2. Menyelenggarakan, mendorong dan menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atas dasar rekayasa kimia dalam rangka memenuhi tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan menunjang pembangunan nasional. 
3. Membekali dan memantapkan setiap mahasiswa agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki jiwa pengabdian dan tanggung jawab serta disiplin yang tinggi, cinta kepada tanah air dan bangsa dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Tujuan
1. Meningkatkan kualitas pendidikan Teknik Kimia untuk menghasilkan lulusan yang: 
a. Bermoral, berjiwa kejuangan berwawasan kebangsaan, siap berkembang menjadi profesional, dapat bekerja di semua sektor industri proses. 
b. Memahami, menguasai dan mampu mengaplikasikan konsep-konsep fundamental Teknik Kimia dalam merancang, mengoperasikan dan mengendalikan proses industri kimia dengan menggunakan prinsip-prinsip optimasi serta memperhatikan faktor keselamatan dan lingkungan. 
c. Mampu melakukan eksperimen yang meliputi identifikasi, perumusan, pelaksanaan, analisis dan interpretasi data, guna memecahkan permasalahan yang muncul di masyarakat. 
d. Mampu beradaptasi secara cepat terhadap perkembangan teknologi. 
e. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim dengan berbagai disiplin ilmu dan menunjang sportivitas.

2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang rekayasa kimia dan pengabdian kepada masyarakat secara sinambung guna menunjang pembangunan nasional.

Sasaran 
1.Terselenggaranya pendidikan Teknik Kimia yang berkualitas dan memuaskan stakeholder
2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa yang berorientasi pada kualitas pendidikan Teknik Kimia dan kebutuhan pembangunan nasional.

3. Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat oleh para dosen, yang berbasis hasil penelitian dan IPTEK.