DETAIL INFORMASI
Magister Ilmu Ekonomi :: dipost pada 24 April 2014

Website : mie.pps.upnyk.ac.id

Prodi MIE UPN “Veteran” Yogyakarta me¬rupakan suatu program studi di bidang ilmu ekonomi yang diharapkan mampu mendorong pemanfaatan sumber daya yang dimiliki suatu wilayah dengan membekali mahasiswa dengan kompetensi ilmu ekonomi praktis (practical economics), keterampilan penelitian (research skill) dan kemampuan komunikasi (communication skill).

Relevansi dengan Tuntutan dan Kebutuhan Stakeholder
Guna memenuhi tuntutan kebutuhan stakeholder, serta memenuhi kompetensi lulusan yang diharapkan, kurikulum dirancang agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan memenuhi tuntutan pengguna jasa. Rancangan kurikulum tersebut untuk mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa terutama kemampuan analisis, eksplorasi, sintesis pengetahuan dan ketrampilan dalam rangka mengantisipasi perubahan masa yang akan datang.

Struktur dan Isi Kurikulum
Kurikulum merupakan wawasan rencana serta pengaturan yang menyangkut materi bahan kajian perkuliahan, serta pendekatan metode pendidikan dan pelatihannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Keluasan struktur ditandai dengan adanya kurikulum mata kuliah matrikulasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar guna menunjang perkuliahan selanjutnya karena mahasiswa terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Kurikulum Program Studi MIE UPNVY disusun untuk jangka waktu studi minimal 3 semester dan maksimal 6 semester. Sebagai tugas akhir untuk Prodi MIE UPN “Veteran” Yogyakarta, mahasiswa diwajibkan menyusun tesis pada Semester IV.

Kompetensi dan Etika Lulusan yang Diharapkan
Lulusan Prodi MIE UPN “Veteran” Yogyakarta di¬per¬siapkan sebagai praktisi-praktisi profesional dan dapat memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut ; (1)Menghasilkan sumber daya yang cakap, profesional, kreatif, inovatif dan produktif dalam bidang ilmu ekonomi, (2) Menjadikan manusia yang bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki jiwa kejuangan dan keterampilan manajerial yang profesional, (3) Memiliki kemampuan untuk menciptakan lapangan kerja dengan menggunakan keahlian sebagai seorang lulusan Magister Ilmu Ekonomi.