DETAIL INFORMASI
Teknik Geofisika :: dipost pada 24 April 2014
  • VISI

Menjadi lembaga pendidikan dan riset ilmu teknologi kebumian yang mencetak sarjana teknik geofisika dalam bidang eksplorasi sumberdaya mineral dan energi yang berwawasan kebangsaan, bermutu internasional serta mampu berkompetisi dalam persaingan global.

  • MISI
  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan yang berhubungan dengan ilmu geofisika yang berwawasan global dan mampu bersaing dalam skala internasional.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan kurikulum serta membangun kemitraan dengan industri dan Instansi Pemerintah yang terkait.
  3. Meningkatkan kemampuan kompetensi lulusan prodi Teknik Geofisika melalui program akademik yang strategis, efektif, kompetitif dan relevan  dengan perkembangan zaman.
  4. Membangun dan memperbaiki suasana akademik sehingga menjadi institusi pendidikan yang handal dan efisien.
  • TUJUAN

Menghasilkan sarjana teknik geofisika yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki integritas tinggi, memiliki pengetahuan dasar geofisika serta penerapannya pada pengembangan teknologi kebumian dan dasar-dasar teknik eksplorasi sumberdaya alam (minyak bumi, mineral, geothermal, airtanah, studi kebumian) demi meningkatkan kesejahteraan dan kelestarian bangsa dan tanah air.

  • SASARAN
  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dan mengaplikasikan ilmu geofisika yang berbasis pada eksplorasi sumber daya mineral.
  2. Tersusunnya kurikulum PSGF yang berbasis pada eksplorasi sumber daya alam
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi geofisika eksplorasi dan mampu berkompetisi di era global
  4. Terciptanya suasana dan budaya akademik sehingga meningkatkan kinerja komponen civitas akademika
  • SARANA PENDIDIKAN

Penyelenggaraan kegiatan akademik Program Studi Teknik Geofisika didukung oleh prasarana dan sarana fisik, berupa ruang kuliah, laboratorium, instrumentasi survei geofisika (Magnetik, Seismik, Elektromagnetik, Geolistrik, Gravity), perpustakaan dan perangkat-perangkat lunak (software). Selain tentunya penciptaan terus menerus suasana akademik yang kondusif dengan melibatkan industri , pihak pemerintah, organisasi profesi dan seluruh komponen sivitas akademika.

  • KERJASAMA

Program Studi Teknik Geofisika telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta, kependidikan maupun non¬kependidikan. Instansi tersebut antara lain PT. Chevron Pacific Indonesia, PT. Exxon, British Indonesia, Conoco Phillips,Petrochina,PT. Beraucoal, PT. Supreme energy, PT. Star energy, PT. Freeport Indonesia Mining, PT. Pertamina, PT. Antam, PT. Chevron, PT. Medco, PT. Schlumberger, PT. BGP Indonesia, PT. Hasilindo, PT. Mitra Plan, PT. Surveyor Indonesia, SKK Migas, PT. Kogas Driyap Konsultan, Pusat Pengembangan Energi Nuklir (PPEN) Batan Jakarta,Pusat Survei Geofisika Bandung, Pusat Sumber Daya Geologi Bandung, Vulkanologi, P3GL dan HAGI.

Kerjasama tersebut antara lain dalam bidang pengembangan kurikulum, pengembangan pembelajaran, pemberian pelatihan, penelitian, pengabdian masyarakat, rekrutmen lulusan Program Studi, pemberian beasiswa, pembicara tamu dalam berbagai pertemuan ilmiah seperti seminar, workshop, kuliah umum, dan lain-lain maupun dukungan sponsorship dalam kegiatan seminar, dan kerjasama lainnya. Dari kerjasama dan kemitraan tersebut selanjutnya akan diperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. Pengenalan dunia kerja bagi mahasiswa dan sebagai tempat Kerja Praktek.
  2. Memberikan kemudahan sebagai penyedia fasilitas untuk keperluan kerja praktek dan skripsi sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya secara langsung dengan kontribusi memberikan alternatif penyelesaian permasalahan yang dihadapi perusahaan atau instansi dalam bentuk laporan tugas.
  3. Peningkatan kompetensi dosen sebagai dosen tamu dan pemberi materi kuliah umum di perguruan tinggi lain serta sebagai anggota pakar pada berbagai penelitian.
  4. Menjadi mediator bagi dosen untuk menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat.
  • KELULUSAN DAN ALUMNI

Program studiTeknikGeofisika FTM UPN ”VETERAN” Yogyakarta menyelenggarakan program pendidikan Strata-1 dengan lama studi 8 (delapan) semester (empattahun) denganbeban SKS yang harusditempuhsebanyak 144 SKS.

  1. Rata-rata mhs menyelesaikan selama 9 - 10 semester.
  2. Studi tercepat selama 7 semester (3,5th).
  3. Studi paling lama 14 semester.

Masa tunggu lulusan (alumni) untuk mendapatkan pekerjaan berkisar 2,75 bulan tersebar di industri pertambangan, perminyakan maupun instansi pemerintahan seperti Lemang PSC, Schlumberger, PT. Bintang Mandiri Perkasa, PT. Freeport Indonesia, PT. BGP Indonesia, PT. Antam, PT. Pertamina PGE, ESDM Dll

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi http://geofisika.upnyk.ac.id/