DETAIL INFORMASI
Teknik Geofisika :: dipost pada 24 April 2014
  • Visi

    Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam riset ilmu dan teknologi kebumian di bidang eksplorasi geofisika yang dilandasi jiwa bela negara, bermutu internasional pada tahun 2028”

  • Misi

  1. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran yang berkualitas mengenai ilmu dan teknologi kebumian dalam bidang eksplorasi geofisika.
  2. Meningkatkan kemampuan kompetensi lulusan melalui program akademik dan kurikulum yang strategis, efektif, kompetitif dan relevan terhadap perkembangan zaman dan bermutu internasional.
  3. Membangun suasana akademik yang harmonis untuk meningkatkan produktivitas dalam Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan jiwa bela negara.
  4. Membangun kemitraan dengan industri dan instansi pemerintah yang terkait dalam rangka peningkatan kualitas mutu pendidikan.
  • Tujuan

Menghasilkan sarjana teknik geofisika yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki integritas tinggi, memiliki pengetahuan geofisika serta penerapannya pada pengembangan ilmu dan teknologi kebumian dalam eksplorasi geofisika di bidang sumberdaya alam (minyak dan gas bumi, panas bumi (geothermal), bahan tambang, dan ilmu kebumian) demi meningkatkan kesejahteraan dan kelestarian bangsa dan tanah air”.

  • Sasaran

Sasaran dan strategi pencapaian dirumuskan berdasarkan visi, misi, tujuan, dan capaian kerja yang akan dilaksanakan selama 10 tahun mendatang yang dibagi atas sasaran jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Sasaran tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian bagi masyarakat, tata kelola, sarana dan prasarana, dan kerjasama.

  • Sarana Pendidikan

    Untuk menunjang kegiatan akademik yang bermutu dan berkualitas, Jurusan Teknik Geofisika melengkapi sarana dan prasarana pendidikan seperti;

  1. Ruang perkuliahan dengan kapasitas 40 orang mahasiswa yang dilengkapi dengan AC, LCD, papan tulis (White board) dan wifi.
  2. Laboratorium computer dengan spesifikasi computer yang memnuhi standar, dan dilengkapi dengan software yang berlisensi.
  3. Instrumen geofisika lapangan untuk meningkatkan kemampuan instrumentasi lapangan mahasiswa seperti; Proton Precision Magnetometer (PPM), Suceptibilitymeter, Resistivtymeter Syscal Junior, Resistivitymeter OYO McOhm, Seismometer OYO 3 Channel, Seismometer PASI 3 Channel dan 24 Channel, VLF BRGM, Conductivitymeter Depth (CMD), Total Station (TS) mapping instrument, Kompas geologi, Palu geologi dan Global Positioning System (GPS).
  4. Ruang membaca dan perpustakaan dengan jumlah 801 judul buku dalam 1253 copy.
  5. Ruang sidang dan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ)
  6. Ruang ibadah (mushala), dsb.
  • Kerjasama

    Jurusan Teknik Geofisika telah aktif dalam menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai instansi baik pemerintahan maupun swasta dalam rangka meningkatakan mutu pendidikan dan serapan alumni di antaranya dengan instansi-instansi sebagai berikut; PT. Aneka Tambang, Balitbang ESDM, Badan Informasi Geospasial, PT. Kaltim Prima Coal, BMKG, BPLS, PT. Badak NGL, PT. Badak Natural Gas Liquefaction, PT. Bintang Mitra Sejahtera (Semen Bima Grup), PT. Adaro Indonesia, PT Great Giant Pineapple, PT. Bukit Asam, PT Pertamina Hulu Indonesia, CGG, Schlumberger, dan Kingdom.

    Bentuk kerjasama berupa berbagai kegiatan yang meliputi, staium general, kursus, sharing knowledge, hibah pendanaan, hibah software, penelitian bersama, beasiswa, dan lain sebagainya. Kerjasama yang terjalin sangat bermanfaat bagi mahasiswa, alumni, dan dosen dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan serta pengembangan diri.

  • Lulusan dan Alumni

    Jurusan Teknik Geofisika menyelenggarakan kurikulum pendidikan selama 8 (delapan) semester yang dapat ditempuh selama 4 (empat) tahun dengan jumlah sks kelulusan sebanyak 145 sks dengan evalusai hasil pendidikan sebagai berikut;

  1. Rata-rata penyelesaian kuliah selama 8-9 semester.
  2. Studi tercepat diselesaikan dalam 3 tahun 6 bulan.
  3. Rata-rata IPK lulusan 3.30.
  4. Masa tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan selama 4.21 bulan.

Lulusan Jurusan Teknik Geofisika 88% bekerja sesuai dengan bidang keahlian yang tersebar di industry pertambangan, perminyakan dan instansi pemerintah seperti; BATAN, ESDM, PT. Borneo Indobara, PT. Pertamina Hulu Energi, PT. Chevron Pacific Indonesia, CGG, PT. Freeport Indonesia, dan lain sebagainya.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi http://geofisika.upnyk.ac.id/