DETAIL INFORMASI
PENDAFTARAN MAGISTER MANAJEMEN BENCANA ANGKATAN 6 :: dipost pada 18 Desember 2017
smile

VISI

“Menjadi program studi yang mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat dalam mengelola bencana di era global dengan dilandasi jiwa bela Negara pada tahun 2024”

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sumberdaya manusia, mempunyai kompetensi dalam bidang manajemen bencana secara terpadu dan berkesinambungan untuk mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat dengan dilandasi jiwa bela negara.
  2. Menciptakan hasil penelitian dalam bidang manajemen bencana yang berkualitas dan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan di era global.
  3. Membangun kerjasama para pelaku guna mendukung penguatan kapasitas dalam manajemen bencana untuk mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat secara akuntabel dan berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam kegiatan pengelolaan bencana dengan berlandaskan kepada penguasaan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat di era global.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi rujukan bagi pengembangan kinerja profesional di lingkungan masing-masing, serta memberikan kontribusi kepada pembangunan melalui pengelolaan risiko bencana yang mandiri.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri dalam kerangka metode pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga mampu berkontribusi dalam manajemen bencana yang baik sebagai upaya mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat.
  4. Meningkatkan fungsi dan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi dalam mendorong kemandirian dalam manajemen bencana dengan mengutamakan sumberdaya dan pengetahuan lokal.

SASARAN

  1. Lulusan yang mempunyai kompetensi yang mampu menguasai dan menerapkan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi lintas bidang dalam kegiatan manajemen bencana, sehingga nantinya menjadi rujukan bagi pengembangan bidang kinerja profesional manajemen bencana serta memberikan kontribusi kepada pembangunan yang mandiri sebagai upaya mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat. Spesifikasi capaiannya antara lain: a) Lama masa studi yang dicapai mahasiswa maksimal 4 tahun; b) Indeks Prestasi Kumulatif lulusan minimal 3,00 sesuai Pokok-Pokok Peraturan Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta No. 02/UN62/III/2016; c) Lulusan atau mahasiswa memiliki pengalaman melakukan penelitian, pengabdian masyarakat atau pernah bekerja (magang) di institusi atau lembaga yang relevan dan mendukung peningkatan kompetensi
  2. Dihasilkannya karya ilmiah di bidang kebencanaan dengan spesifikasi capaian sebagai berikut: a) Memiliki jurnal manajemen bencana dan lingkungan yang terbit secara berkala dan memiliki reputasi di tingkat nasional; b) Memiliki kegiatan penelitian yang berkontribusi terhadap pengembangan keilmuan dan dinamika kebencanaan sesuai ruang dan waktu serta kebijakannya; c) Menjadi pusat kajian ilmu pengetahuan dan teknologi lintas bidang yang fokus pada kajian manajemen bencana.
  3. Menjadi wadah pengembangan masyarakat dalam mengelola bencana di era global melalui program-program pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi jiwa bela negara. Spesifikasi capaiannya adalah sebagai berikut: a) Masyarakat mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dan pengetahuan; b) Masyarakat mudah untuk mengakses program pemberdayaan masyarakat
  4. Terbangunnya jaringan kerja antara Prodi MMB dengan pasar kinerja profesional secara berkelanjutan untuk mewujudkan kemandirian dan ketangguhan masyarakat: a) Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi baik pemerintah daerah, nasional, LSM lokal, nasional, dan internasional, maupun organisasi nasional dan internasional; b) Mempersiapkan penciptaan jaringan kerjasama dengan alumni dalam rangka meningkatkan kerja sama sebagai sarana menguatkan akses kerjasama dengan mitra diluar kampus

 

KERJASAMA

  1. Kerjasama dalam negeri: Masyarakat Penanggulangan Becanana Indonesia; PT. Multidecon internal; Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara; BPBD Rembang; BIG (Badan Informasi Geospasial); BMKG (Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika); Yayasan Peningkatan dan Pengembangan Sumberdaya Ummat (YP2SU); Pemerintah Daerah Lembata; dan lain-lain
  2. Kerjasama dengan luar negeri: Korean Society of Volcanic Hazard Mitigation Republic of Korea; Eszterhazy Karoly University of Applied Sciences, Eger, Hungary;  CAPAHOUSE, Denmark ; Technische Universitat Bergakademie Frelberg;  Universiti Kebangsaan Malaysia;  BYU (Brigham Young University, USA)

 

PENDAFTARAN

Pembukaan pendaftaran calon mahasiswa Prodi MMB UPN "Veteran" Yogyakarta dilakukan 2 kali dalam setahun. Pada Semester Ganjil pendaftaran dimulai Bulan Juni dan seleksi diselenggarakan pada Bulan Juli. sedangkan pada semester Genap, Pendaftaran dilakukan pada Bulan Desember dan seleksi akan diselenggarakan Bulan Januari. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti tes wawancara yang dilakukan setelah menyerahkan persyaratan pendaftaran. Tes wawancara dilakukan antara calon mahasiswa dengan tim penerimaan mahasiswa baru yang beranggotakan koordinator program studi dan beberapa dosen pengajar. Tes wawancara bertujuan untuk menilai kemampuan akademik yang berupa kecakapan dalam menjawab serta kesanggupan pembayaran SPP selama menempuh jenjang S2. Selain itu, sebelum dilakukan tes wawancara, calon mahasiswa harus membuat rencana penelitian tesis agar di dalam menempuh perkuliahan dapat benar-benar sesuai dengan peminatannya. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi http://mmb.upnyk.ac.id/

 Poster Penerimaan Mahasiswa Baru Magister Manajemen Bencana Angkatan 6, Klik Disini