Dua Mahasiswa UPNVY Ikuti Mobility Program di Hungaria

  • Selasa 05 November 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1263
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

EGER, Hungaria - Dua orang mahasiswi UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Hungaria pada bulan September 2019 lalu. Mereka yaitu Hanan Annisa Restu Utami dan Charlina Dhevi Hidayati mahasiswi Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian.

Program pertukaran pelajar tersebut merupakan kerjasama antara Fakultas Pertanian UPNVY dengan Departemen Geografi dan Ilmu Lingkungan Universitas Eszterhazy Karoly, Hungaria. Program tersebut berlangsung selama satu semester, yaitu dari bulan September 2019 sampai dengan bulan Januari 2020, dan disponsori oleh beasiswa Erasmus+ dari Uni Eropa.

Selama mengikuti kegiatan mereka belajar di dalam dan di luar kelas, serta kegiatan bersama mahasiswa internasional lainnya, seperti Global Cooking Night. Global Cooking Night sendiri merupakan salah satu program unggulan dari Erasmus Student Network (ESN) dimana para mahasiswa internasional dari setiap negara memasak dan menyajikan makanan khas dari negara asal mereka.

Terdapat 14 negara yang ikut berpartisipasi dalam acara ini, termasuk Indonesia. Ada sekitar 200 orang mahasiswa dan dosen yang ikut memeriahkan acara ini sebagai peserta dan panitia yang memberikan suaranya untuk makanan yang terbaik.

Tim Indonesia sendiri menyajikan tiga macam masakan, yaitu Seblak, Martabak Manis, dan Gudeg. Selain itu, para mentor dan mahasiswa yang tergabung dalam Erasmus Student Network (ESN) juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan untuk mengakrabkan para mahasiswa, baik internasional maupun lokal. Kegiatan tersebut seperti, hiking ke Nagy-Eged, Karaoke Night, dan Halloween Event. Pihak universitas juga mengadakan kelas Intercultural Training agar mahasiswa internasional lebih mengenal budaya Hungaria dan saling mengenalkan budaya dari negara masing-masing. Perkuliahan di dalam kelas lebih condong ke sistem diskusi antara mahasiswa dengan dosen. Perkuliahan di luar kelas dilakukan agar mahasiswa dapat belajar langsung dari sumber nyata, seperti kunjungan ke Thermal Bath pada mata kuliah Water as Risk and Resource, dan kunjungan ke beberapa tempat bersejarah di Budapest dan Eger pada mata kuliah Hungarian Culture and Intercultural Awareness.

Selain berpartisipasi dalam acara yang diadakan oleh universitas, perwakilan UPNVY juga turut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Hungaria. Kegiatan tersebut meliputi diskusi bersama Duta Besar Indonesia untuk Hungaria, perkenalan kehidupan mahasiswa Indonesia di Hungaria, dan kepanitiaan untuk pemilihan ketua PPI Hungaria.