HUT ke-78 RI, UPN Veteran Yogyakarta Dorong Mahasiswa dan Dosen dengan Semangat Merdeka Belajar

  • Jumat 18 Agustus 2023 , 01:36
  • Oleh : Dewi
  • 1361
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

17 Agustus menjadi hari bersejarah Bangsa Indonesia. Upacara dilakukan sebagai bentuk penghormatan memeringati bahwa puluhan tahun lalu Indonesia berhasil merdeka dari penjajah.

Tepat pada 17 Agustus 2023, Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) memulai rangkaian dies natalis ke-65. Bertajuk ‘Mewujudkan Nilai Bela Negara Melalui Kedaulatan Pangan Menuju Indonesia Emas’, UPNVY menggelar upacara peringatan.

Sebanyak 65 burung merpati juga dilepas untuk menandakan dimulainya rangkaian Dies Natalis ke-65. Angka ini dimaknai sebagai lambang kebebasan dan kemerdekaan.

“Merpati sejumlah 65 juga menggambarkan 65 tahun sudah UPNVY berkiprah di dunia pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat ikut membangun negara kita dengan penuh inovasi terbang berprestasi tinggi dan terus melaju tidak hanya tingkat nasional tetapi juga tingkat dunia menuju World Class University,”ucap Rektor UPNVY, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si, Kamis (17/8/2023).

UPNVY juga meneruskan semangat pejuang untuk kemerdekaan Indonesia. Ada berbagai macam hal yang bisa diimplementasikan untuk membawa Indonesia maju. Salah satunya adalah dengan mewujudnyatakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Diharapkan melalui merdeka belajar itu, para anak didik dan para pengajar itu lebih bisa mengeksplorasi kemampuannya secara sendiri sendiri jadi tidak terlalu terikat, jadi mereka bisa memilih hal apa yang bisa relevan,” tegasya.

Ia mengungkapkan sebagai kampus merdeka, pihak kampus memberikan ruang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri. Setidaknya ada 9 bentuk pembelajaran yang disediakan selain magang, kerja praktik, membangun desa, dan lain sebagainya.

Di samping itu, puncak Dies Natalis ke-65 UPNVY akan dilakukan pada 15 Desember 2023. Di tahun ini UPNVY menggandeng UMKM untuk meningkatkan perekonomian. Terkait dengan target capaian 1 juta barel di tahun 2023 sekaligus untuk menyelaraskan dengan target net zero admission Indonesia di tahun 2060, UPNVY berharap adanya laboratorium Indonesia terpadu.

“Tujuan dari diselenggarakannya acara dies natalis ini bertujuan untuk mempererat keguyuban keluarga besar kampus, alumni, serta memberikan manfaat nyata kepada Masyarakat dan negara Indonesia secara umum, Nilai-nilai bela negara yang merupakan warisan dari pendiri yang selalu kami lestarikan dalam kegiatan apapun,” ujar Dekan Fakultas Pertanian UPNVY, Dr. Ir. Budiarto, MP.

Sederet kegiatan yang telah direncanakan untuk Dies Natalis ke-65 UPNVY seperti penghargaan, pameran UMKM, hingga seminar ilmiah.

“Tahapan Kegiatan Dies yang sudah diusulkan kepada rektor, yang utama akan ada sidang senat terbuka yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2023 yang isinya orasi ilmiah,” ujar Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-65 UPNVY, Dr. Bambang Supriyanta SP., MP.