Kiat Masuk IISMA ala Shafira, Mahasiswa UPNYK: Inspirasi dari Pengalaman Belajar di Amerika Serikat

  • Rabu 15 November 2023 , 09:44
  • Oleh : Dewi
  • 2147
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

[INFOUPNYK] - Shafira, salah satu dari 6 mahasiswa berbagi kiat lolos program IISMA. Shafira merupakan mahasiswa dari program studi Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta (UPNYK), telah menunjukkan dedikasi dan keberhasilannya dalam belajar di Yale University Amerika Serikat. Dengan latar belakang orang tua yang berbeda profesi, Shafira telah menginspirasi banyak orang dengan perjalanannya.

Berkat kegigihannya dan beasiswa yang diperoleh, Shafira mendapatkan kesempatan langka untuk melanjutkan studi ke Amerika Serikat. Meskipun belum lama menjalani perjalanan ini, Shafira telah banyak belajar dan mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam bidang Hubungan Internasional.

Shafira mengatakan bahwa salah satu kiat penting untuk masuk IISMA adalah dengan memperbanyak pengalaman untuk meningkatkan skill. Selama di UPNYK, Shafira aktif terlibat dalam berbagai kegiatan di luar kurikulum, seperti menjadi anggota organisasi kampus dan mengikuti program pelatihan. Hal ini membantunya mengembangkan keterampilan yang beragam, termasuk kemampuan menulis esai yang kuat, yang menjadi syarat penting dalam seleksi IISMA.

Dalam berbagi pengalaman, Shafira menekankan pentingnya terus belajar dan mencari pengalaman baru. Dia selalu mencoba memperluas jaringan dan mencari kesempatan untuk berpartisipasi dalam seminar, lokakarya, dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan akademiknya.

Di samping itu, Shafira juga memberikan nasihat kepada calon mahasiswa UPNYK yang ingin mengikuti jejaknya. Ia mengingatkan pentingnya fokus pada pencapaian akademik yang baik serta menjaga keseimbangan antara kegiatan akademik dan non-akademik. Terlibat dalam kegiatan organisasi, magang, atau proyek riset akan membantu mahasiswa memperoleh pengalaman yang berharga dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menjawab seleksi essay.

Shafira juga mengingatkan bahwa kesuksesan bukanlah yang utama, tetapi sejauh mana seseorang bisa memberikan kontribusi positif dalam masyarakat. Oleh karena itu, dia berharap bahwa perjalanannya dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk memperluas horisonnya, terus belajar, dan berani mengambil peluang baru.

Wakil Rektor Bidang KKSP UPNYK, Dr. Ir. Ir. Singgih Saptono, MT, IPM mengucapkan selamat kepada Shafira atas keberhasilannya dalam belajar di Amerika Serikat dan mengapresiasi kiat yang dibagikannya. Ia juga menjelaskan bahwa UPNYK terus berusaha memberikan pendidikan berkualitas dan mendukung perjalanan mahasiswanya dalam mencapai impian akademik mereka.

Diharapkan kisah inspiratif Shafira ini dapat memotivasi para mahasiswa UPNYK lainnya untuk terus berjuang dan meraih kesuksesan dalam perjalanan pendidikan mereka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Semoga Shafira terus menorehkan prestasi gemilang dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan masyarakat.