Komunikasi UPNVYK Gelar Edukasi dan Sikat Gigi Massal

  • Senin 30 April 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1249
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA – Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mengadakan aksi sosial DEDICATION (Dental Care for Delight Communication) pada Minggu pagi (29/4) dibawah jembatan baru UGM. Kegiatan ini dihadiri anak – anak yang bermukim disekitar Sungai Kalicode.

Kegiatan ini dilatar belakangi gigi dan mulut yang sehat adalah kunci dalam komunikasi sehari –hari, namun di pusat kota Yogyakarta masih ada daerah yang belum pernah melakukan kegiatan sikat gigi massal.

Aksi ini dimulai dengan edukasi kesehatan gigi dan mulut dilanjutkan dengan sikat gigi massal bekerjasama dengan BEM FKG UGM sebagai penyuluh. Para peserta terlihat senang dan antusias selama kegiatan berlangsung.

“Senang, karena seru dan dapat banyak hadiah, badutnya juga lucu” ujar Carenia Chelsea Putri Aprilia salah satu peserta dari RT.18 Kelurahan Kotabaru.

Mereka bekerjasama dengan Penyelenggaraan dengan Paguyuban Pengajar Pinggir Sungai (P3S) untuk menghimpun anak-anak.

Kepala Sekolah P3S, Galeih Yudi Setiawan mengatakan bahwa kegiatan edukasi dan sikat gigi massal ini baru pertama kali diadakan selama kami mengajar di sekitar Kalicode. Ia yakin bahwa acara ini memberikan sumbangsih semangat dan minat belajar anak-anak. Harapannya adalah agar anak – anak disekitar kalicode sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

“Selain sebagai tugas mata kuliah, kami sadar bahwa sebagai mahasiswa selain menuntut ilmu kami juga harus meningkatkan kepedulian terhadap sesama, dan saya berharap teman – teman mahasiswa di universitas lain mengadakan kegiatan sosial sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat” ujar Amanda Aulia Rachman selaku Ketua Panitia DEDICATION 2018.

Sebelumnya panitia juga menggelar aksi kampanye “One Smile for Another Smile” di ajang Sunmor Yogyakarta pada Minggu (8/04/2018). Kampanye yang dilakukan berupa pengumpulan donasi untuk ditukarkan dengan sikat gigi dan pasta gigi bagi anak – anak di sekitar Sungai Kalicode.

“Alhamdulillah dapat respon dan dukungan yang positif ya dari masyarakat jogja, sehingga kami berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 618.000,” pungkas Amanda.

DR. Puji Lestari, M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah Marketing Public Relations turut hadir dalam acara ini mengatakan Dedication merupakan event yang berhubungan dengan kajian komunikasi kesehatan.

“Dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam berkomunikasi. Selain itu, acara ini merupakan kesempatan mahasiswa untuk menjalin relasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, perusahaan swasta, masyarakat um, maupun relasi dengan media”, jelasnya.