LPPM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA DAMPINGI UMK DAPAT SERTIFIKASI HALAL

  • Kamis 02 Juni 2022 , 04:41 PM
  • Oleh : Dewi
  • 680
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (LPPM) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY)  sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia ikut berperan dalam percepatan pelaksanaan sertifikasi halal bagi  pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). LPPM UPNVY juga  memberikan pendampingan Proses Produk Halal (PPH) bagi UMK.

Dr. Hendro Wijanarko, MS selaku kepala LPPM UPNVY mengungkapkan keseriusan UPN “Veteran Yogyakarta sebagai Kampus Bela Negara dalam mendukung pelaku usaha mikro dan kecil untuk menyediakan produk halal. Bentuk dukungan tersebut  antara lain LPPM UPNVY memberikan pendampingan produk halal, penyederhanaan proses perizinan, serta fasilitas pembiayaan sertifikasi halal.

Kepala LPPM UPNVY menyatakan bangga menjadi bagian pendampingan proses produk halal bagi para pelaku UMK.

Melalui pendampingan ini, Hendro berharap nantinya semakin banyak pelaku UMK yang produknya bersertifikat halal. Hal itu tentunya akan semakin meningkatkan UMK dalam mengembangkan usahanya.

Sementara Dr. Humam Santosa Utamo, S.Sos, M.AB selaku , selaku Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang secara rutin diselenggarakan. Diharapkan dengan memperoleh sertifikasi halal, UKM binaan UPNVY akan memperoleh akses pasar yang lebih luas.

“Konsumen tidak ragu-ragu dalam memilih produk yang dikonsumsi. Pendampingan ini mengikutsertakan UKM di wilayah Bantul yang tergabung dalam Koperasi Mirasa Boga Yogyakarta (AMBOY). Pendampingan dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni 2022 selama satu bulan.  Pendamping sertifikasi halal pada program ini adalah Heni Handri Utami, dosen Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UPNVY,” terang Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat.

Previous Next