LPPM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA GELAR PEMBEKALAN KKN 78 DUKUNG PENGEMBANGAN UKM DAN UMKM

  • Selasa 06 September 2022 , 03:54
  • Oleh : Dewi
  • 1625
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVYK) gelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 78. Dalam program KKN kali ini LPPM UPNVYK menekankan  tema “Pemberdayaan Masyarakat, UKM & UMKM Pasca Pandemi.” Kegiatan ini dilangsungkan secara daring menggunakan platform zoom meeting serta live streaming youtube pada Sabtu (03/09/22).

 

Dr. Hendro Widjanarko, SE., MM. selaku kepala LPPM UPNVYK menyampaikan  bahwa setiap perguruan tinggi mengemban fungsi Tri Dharma yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat sebagai hal yang lekat dengan kegiatan KKN.

“ Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman mahasiswa dalam mengidentifikasi potensi dan menangani masalah di masyarakat,” jelas Hendro.

Dalam hal ini, mahasiswa sebagai fasilitator memegang tugas serta fungsi mulia tetapi sekaligus menuntut tanggung jawab yang tidak ringan. “Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan suatu tugas mulia karena anda belajar di tengah-tengah masyarakat, dan membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Harapannya masyarakat bisa menyelesaikan masalahnya, dan kehidupan mereka menjadi lebih sejahtera,” pungkasnya.

Bambang Sugiarto, Ir, MT selaku Kepala Pusat KKN & TTGG LPPM UPNVYK menuturkan bahwa  KKN reguler angkatan 78 menyampaikan bahwa program kerja fisik dan non fisik KKN kali ini dirancang berdasarkan kondisi pendemi Covid-19 yang mulai menurun di Indonesia pada umumnya dan DIY pada khususnya.

“KKN Angkatan 78 secara akademis merupakan bentuk tanggung jawab Tri Dharma perguruan tinggi dalam pengabdian UPNVYK kepada masyarakat. Melalui KKN angkatan 78 ini, UPNVYK ingin berkontribusi melakukan upaya pemberdayaan masyarakat, UKM & UMKM pasca pandemi Covid-19 dengan melibatkan mahasiswa secara massiv ke seluruh lokasi KKN,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Humam Santosa Utomo, S.Sos, M.AB, penyampaian petunjuk teknis oleh Bambang Sugiarto, Ir, MT, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta diskusi bersama mahasiswa.

KKN reguler angkatan 78 UPNVYK kembali dilaksanakan secara full luring setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring maupun bauran karena terkendala situasi pandemi Covid-19. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu bulan penuh, tepatnya dimulai pada 25 Oktober hingga 24 November 2022 di daerah dalam lingkup DIY, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Adapun, mahasiswa yang terdaftar pada KKN kali ini berjumlah sekitar 1600 orang yang berasal dari berbagai program studi.