MAHASISWA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BORONG JUARA 1, 2 DAN 3 PADA INDONESIAN STUDENT MINING COMPETITION

  • 24 February 2022 , 10:49 AM
  • Oleh : Dewi
  • 666
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta dari Jurusan Teknik Pertambangan berhasil meraih berbagai juara dalam ajang Student Mining Competition (ISMC) XIII. Kejuaraan ini didapatkan oleh perwakilan tim dengan nama HMTA-Electra dan Super Hydro.

Prestasi yang didapatkan antara lain Juara Umum 1 Mine Plan Design, yakni atas nama Sendi Akbar, Muhammad Chandra, Naomita, Gede Gupta, dan Aya Fitria. Prestasi kedua yakni Juara 3 Mining Smart Competition, atas nama Taqwin Ardhi, Raden Daniel, dan Roxanne Aulia. Prestasi ketiga yakni Juara 2 Paper Competition, atas nama Ifa Aulia, Wahyu Idi, dan Muhammad Adam. Selain itu, juga mendapatkan predikat lain, yakni Best Delegates atas nama Jimmi Ramadhani.

ISMC sendiri adalah ajang kompetisi bagi mahasiwa Teknik Pertambangan di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun ini, peserta ditantang untuk bisa berkontribusi memperkuat ketahanan nasional di industri pertambangan.

“Lombanya ini semi-internasional ya. Jadi, seluruh kegiatannya menggunakan bahasa Inggris dan ini cukup menantang. Jadi, kita belajar dan persiapan dari sumber-sumber internasional agar bisa membiasakan diri,” ujar Roxanne Aulia Putri Damarjarti, mahasiswi yang turut meraih prestasi di bidang lomba Mining Smart Competition.

Mining Smart Competition sendiri adalah kompetisi yang menantang kemampuan para pesertanya untuk bisa menjawab pertanyaan seputar dunia pertambangan. Oleh sebab itu, Roxanne menjelaskan bahwa dalam persiapannya ia dan tim banyak melakukan diskusi. Mulai dari dengan teman, dosen ahli, alumni, hingga mentor lainnya. Persiapan ini dilakukan hampir setiap hari.

“Kita mengikuti lomba ini diwadahi dan diberikan fasilitas melalui himpunan. Sebelumnya, ada seleksi internal dahulu. Selain itu, karena kompetisi ini dilakukan secara online, jadi mengandalkan sinyal. Tapi alhamdulillah di dukung dari himpunan dan dipasangkan LAN sehingga berjalan lancar,” tambah Roxanne.

Melalui prestasi ini, Roxanne juga turut menyebarkan semangatnya. “Buat teman-teman FTM khususnya tambang, terus semangat belajar, dan jangan cepat puas. Ilmu itu banyak sehingga jelahi apapun itu. Jangan lupa untuk meningkatkan kepekaan kita atas hal-hal yang ada di sekitar. Pokoknya learn, learn, achive dan lakukan dengan sepenuh hati,” pungkasnya.

 

 

Previous Next