MAHASISWA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA MERAIH JUARA 2 PADA AJANG PERMITECH EXPO 2021

  • 08 December 2021 , 03:57 PM
  • Oleh : Dewi
  • 561
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Tiga mahasiswa jurusan Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta meraih juara 2 pada ajang PERMITECH EXPO 2021. Tiga mahasiswa angkatan 2017 tersebut terdiri atas Adib Bachtiar, Reo Sahobby dan Rafly Pradana Putra. Final kompetisi tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 November 2021.

 

PERMITECH EXPO 2021 sendiri adalah ajang yang diadakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS) yang mana pada tahun ini dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta. Ajang ini terdiri dari serangkaian acara selama 4 hari yang diantaranya terdapat acara seminar, kompetisi IT, dan IT Camp. Dalam kompetisi IT terdapat beberapa lomba, yaitu Internet of Thing (IoT), Start-up, Line Follower, Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Turnamen Mobile Legends.

Rafly Pradana Putra mewakili teman-temannya menyampaikan bahwa pada ajang tersebut mereka membuat sebuah karya dengan memanfaatkan teknologi IT khususnya dalam bidang deep learning untuk mendeteksi apakah seseorang menggunakan masker atau tidak secara realtime dengan menggunakan kamera di masa pandemi COVID-19.

 

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang dan bersyukur timnya mampu meraih juara 2 pada kompetisi tersebut. “Kami tidak menyangka bisa dapat juara 2 karena awalnya karya ini hanya project yang tidak kami lombakan. Event ini menginisiasi kami untuk ikut dan ternyata menjadi favorit kedua. Hal ini membuat kami semakin semangat untuk mengembangkan kembali project ini kedepannya,” jelasnya.

 

Selain itu, Rafly dan tim juga merasa senang karena dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan selama berkuliah di jurusan Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta. Ia dan teman-temannya berharap agar project-nya semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

 

“Saya juga berharap teman-teman yang berkecimpung di bidang IT juga bisa ikut berpartisipasi dengan kami untuk sama-sama mengembangkan teknologi ini agar kita memiliki produk lokal sendiri. Selain itu, semoga mahasiswa-mahasiswa di lingkungan UPN, khususnya program studi Informatika tidak takut untuk ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba agar nantinya UPNVY dapat bersaing dengan universitas-universitas lainnya dalam segi akademis maupun nonakademis,” tambahnya mengakhiri wawancara.

Previous Next