Mahasiswi UPNYK Raih Penghargaan The Best Empowering Lewat Bisnis Fashion Kreatif

  • Senin 12 Februari 2024 , 03:50
  • Oleh : Admin
  • 2386
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Cinta (kanan) saat menerima pengharagaan. Sumber: pribadi

INFOUPNYK - Mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK), Meyna Cinta Ratulian, meraih penghargaan The 1st Best Empowering dalam acara The 11th Ambassador of Business Edupreneur 2023. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 31 Januari 2024 dan merupakan kegiatan rutin dari Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB UPI).

Bertempat di Bandung, kegiatan ini berlangsung dalam tiga tahap yaitu seleksi administrasi, bootcamp, dan tahap final presentasi. Meyna Cinta Ratulian yang akrab disapa Cinta melalui unit bisnis yang dia kelola sendiri, Hanenda.idn, menjadi salah satu peserta yang mencuri perhatian dalam kategori Growing Business.

Cinta selaku Founder dan CEO Hanenda.idn menyatakan, dengan mengikuti kompetisi ini dirinya berkomitmen untuk berdampak langsung terhadap lingkungan dan sosial lewat unit bisnis busananya.

"Salah satu upaya yang kami tekankan adalah dalam aspek lingkungan, dengan fokus pada circular fashion melalui daur ulang pakaian tidak layak pakai dan kain perca bersama dengan EcoTouch Indonesia," katanya saat wawancara (7/2/2024).

Hanenda.idn sendiri bergerak di bidang industri kreatif fashion dengan menggunakan material ramah lingkungan. Hal tersebut ditengarai oleh keresahannya bahwa limbah industri fashion merupakan salah satu sumber limbah terbesar di duniasehingga ia merasa butuh sikap yang bijak dalam memilih busana. Mahasiswi prodi Manajemen UPNYK ini juga menambahkan, Hanenda merupakan perpaduan implementasi dari Green Lifestyle dan kebanggan mengenakan produk lokal.

"Kami menghadapi tantangan, tetapi kami berubah mindset untuk tetap optimis, berikhtiar, dan tawakal. Hanenda tidak hanya berorientasi pada pencapaian pribadi, tetapi juga pada kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," tambahnya.

Dirinya berharap ke depannya unit bisnisnya menjadi jenama lokal yang unggul dan mendunia, serta memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Indonesia. Dirinya juga terbuka untuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sustainable fashion.

" Saya ingin, tim saya (Hanenda.idn) bisa membawa banyak kebermanfaatan untuk Indonesia yang lebih maju dan peduli lingkungan. Saya dan tim juga sangat terbuka untuk segala bentuk diskusi untuk saling mencerdaskan," tutur Cinta.

Mengakhiri pernyataannya, Cinta Ratulian mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan baik dalam hidup ini untuk berprestasi dan berkontribusi positif bagi bangsa dan lingkungan sekitar.

Menanggapi pencapaian ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ir. Ir. Singgih Saptono, MT., IPM., ASEAN Eng. mengatakan bahwa dengan penghargaan yang diraih Cinta akan menjadi bukti nyata peran mahasiswa yang berkontribusi tidak saja dalam bidang akademik tapi juga terhadap lingkungan dan sosial. Mahasiswa sejatinya harus mampu menjawab tantangan sosial dan lingkungan serta mampu memberikan solusi dari tantangan tersebut.

"Sudah seharusnya ya, mahasiswa UPNYK bisa memberikan solusi praktis dari masalah-masalah yang ada di taraf sosial dan lingkungan. Saya rasa Cinta melalui capaiannya ini jadi bukti nyata bahwa mahasiswa UPNYK mampu untuk itu," ujar Singgih.

Sebagai informasi, Cinta melalui unit bisnis Hanenda.idn ini telah meraih beberapa pencapaian, antara lain menjadi UMKM pilihan di Rumah BUMN Yogyakarta, tergabung dalam Komunitas #UangKita dari Kementerian Keuangan RI, ikutserta pada Jogja Fashion Week 2023, dan lolos pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha Kemendikbudristek tahun 2023.