Mengenal Gladiator, Team Andalan Teknik Perminyakan UPNVY

  • 07 October 2021 , 01:00 PM
  • Oleh : Wike Wijayanti
  • 389
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Nama Gladiator Tim mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Namun bagi mahasiswa Program Studi Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), mereka menjadi salah satu tim andalan yang bertanding di berbagai kompetisi nasional maupun internasional.

Bahkan sepanjang pandemi Covid-19 ini pun tim yang terdiri dari Fardhan Nauval Akbar, Muhammad Gilang Farrel, Umi Kalsum , Yovi Dwinata dan Anindya Tiaradevianti tetap produktif menyumbang prestasi.

Prestasi yang mereka dapatkan diantaranya 2nd Runner up Oil Rig Design Competition pada Ocean Engineering Exhibition and Competition (OCEANO) 2020, Champion Oil Rig Design Competition pada Integrated Petroleum Festival (IPFEST) 2021, dan 2nd Runner up Oil Rig Design Competition pada Petroleum Integrated Days (PETROLIDA) 2021.

Pun baru-baru ini mereka berhasil menjadi Favorite Winner Oil Rig Design Competition pada Annual Oil and Gas Intellectual Competition (DERRICK) 2021, PEM Akamigas Cepu yang diselenggarakan tanggal 25 September 2021 lalu. Mereka berhasil mengalahkan peserta lainnya yang bersal dari kampus-kampus favorit di Indonesia. Oil rig design competition sendiri adalah ajang lomba perancangan dan desain pemboran lepas pantai (offshore) semi-submersible rig.

“Kami mengirim proposal rig rancangan kami yang mempunyai kelebihan pada perhitungan drilling cost, innovation rig, safety system berdasarkan paper dan jurnal sehingga design rig  yang kami hasilkan lebih murah, effisien, dan stabil dibandingkan dengan peserta lain.” Ujar Fardhan, ketua Tim Gladiator bangga.

Keikutsertaan mereka di berbagai ajang lomba tersebut berawal dari pertemanan kelimanya yang merupakan teman satu kelas di Program Studi Teknik Perminyakan angkatan 2018. Selain satu kelas mereka juga sering melakukan aktifitas bersama-sama.

“Kebetulan saya dan Gilang satu kosan, satu kelas, satu organisasi, sering main, ngegame dan ngopi bareng. Pinginnya sih kumpul-kumpul tapi yang produktif. Alhamdulillah teman-teman lainnya juga setuju.” Jelasnya.

Merasa punya visi yang sama yaitu ingin mengasah softskill keilmuan serta membawa bangga dan mengaharumkan nama baik almamater, mereka sepakat membentuk Tim Gladiator dan mengikuti berbagai ajang lomba.

“Sejauh ini kami sudah berkompetisi di 6 lomba dan Alhamdulillah 4 lomba kami dapat juara.” Kata Fardhan, alumni Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta tersebut.

Kata Fardhan dari berbagai kompetisi yang mereka ikuti memiliki tantangan dan cerita tersendiri, salah satunya Integrated Petroleum Festival (IPFEST) 2021 yang diselenggarakan Institut Teknologi Bandung tanggal 26 Februari 2021 lalu. Mereka berhasil Champion Oil Rig Design Competition.

Kompetisi ini menjadi salah satu yang berkesan bagi mereka karena merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa prodi Teknik Perminyakan di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Bagi mahasiswa Teknik Perminyakan menang di IPFEST ibaratnya menang di kandang singa. Ini yang membuat kami semakin percaya diri.” Ujarnya.

Ke depan, selain mengasah kemampuan keilmuan dengan keikutsertaan di berbagai ajang lomba. Mereka juga ingin membagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa baru.

“Kami ingin adik-adik tingkat kami mahasiswa baru juga tertarik untuk menguikuti lomba sehingga bisa menyumbang prestasi untuk univeritas.” Pungkasnya. (wwj/humas)

Previous Next