MENGENAL HOCKEY CLUB UPNVY

  • Kamis 28 Mei 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2218
  • 2 Menit membaca

(Hockey atau Hoki merupakan olahraga yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini  pada setiap tahunnya selalu ada pertandingan yang dilombakan, baik kejuaraan Porkab (Pekan 0lahraga Kabupaten), Porda (Pekan 0lahraga Daerah), PON (Pekan Olahraga Nasional), SEA Games dan Asian Games. Permainan hoki hampir mirip dengan futsal/sepak bola, yang membedakan yaitu tongkat pemukul (stick) dan bola yang digunakan di dalam permainan.

Dalam permainannya hoki terbagi menjadi dua nomor cabang olahraga yaitu hoki field (outdoor) dan hoki ruangan (indoor). Dikatakan diawal tadi bahwa hoki mirip dengan futsal/sepak bola dikarenakan jumlah pemainannya yang sama. Untuk hoki outdoor dengan 12 orang pemain sedangkan hoki indoor 5 pemain.

Di UPN “Veteran” Yogyakarta terdapat unit kegiatan mahasiswa yang menjadi wadah mahasiswa yang tertarik dengan olahraga hoki yaitu UKM Hoki atau biasa disebut dengan VHC (Veteran Hockey Club). VHC aktif melakukan latihan dan kegiatan lainnya.  Namun banyak mahasiswa yang tidak mengetahui apa olahraga hoki. Sehingga belum banyak yang tertarik untuk mengikuti unit kegiatan mahasiswa ini.  Padahal jika dilihat memiliki prestasi yang cukup baik  disetiap perlombaan yang diikuti.

Veteran Hockey Club berlatih di lapangan futsal eksternal kampus untuk menunjang kegiatan latihan.  Latihan diadakan yaitu setiap dua minggu satu kali. Berbeda lagi saat akan mengikuti perlombaan. Latihan diadakan lebih sering yaitu satu minggu dua kali. Olahraga hoki belum banyak dipertandingkan di Indonesia, bahkan tidak semua universitas memiliki unit kegiatan mahasiswa hoki. Sehingga banyak yang belum mengetahui mengenai olahraga hoki ini.

Prestasi yang pernah diraih Veteran Hockey Club yaitu juara 2 putra kategori hockey indoor dan juara 2 putri kategori hockey field yang mana merupakan pertandingan yang diselenggarakan oleh Federasi Hockey Sleman pada 2018. Pada tahun 2020 seharusnya VHC mengikuti pertandingan Hockey pada bulan Juni 2020 namun dikarenakan wabah, maka belum diselenggarakan.

Ketua Veteran Hockey Club, Miranda Hutapea mengatakan bahwa “sekarang kita fokus secara daring” ungkapnya. Karena masa pandemi ini maka latihan hoki tidak diadakan, namun tetap dilakukan latihan secara daring. Selain latihan rutin dan mengikuti petandingan, Veteran Hockey Club memiliki kegiatan lain seperti musyawarah tahunan yang diikuti seluruh anggota, buka bersama dan lain-lain sebagainya.

Meskipun olahraga hoki tidak se-terkenal sepak bola dan futsal, tapi masih memiliki penggemar sediri. Hingga saat ini masih bertahan dan tidak meredup.Walaupun unit kegiatan mahasiswa hoki anggotanya tidak sebanyak unit kegiatan mahasiswa yang lain, namun setiap anggota dapat berlatih hoki dengan nyaman dan saling mengenal satu sama lainnya dan setiap pertandingan yang diikuti selalu mendapatkan posisi kemenangan.