Peduli Kemanusiaan, IKATA UPNVY Gelar Donor Darah

  • Rabu 07 November 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 870
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN—Ikatan Alumni Tambang (IKATA) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggelar donor darah di Auditorium Universitas Pembangunan, Minggu (4/11/2018). Aksi kemanusiaan ini digelar bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta sebagai upaya membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Development Supervisor PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta, Catur Nugroho, mengatakan acara donor darah Indomaret rutin digelar. "Kegiatan ini [donor darah] merupakan agenda rutin yang digelar tiga bulan sekali dengan menyasar desa, menjangkau pemuda dan karang taruna. Kami juga sering mendakan acara secara mandiri," kata Catur saat ditemui di sela-sela kegiatan, Minggu.

Menurut Catur, biasanya dalam satu kali gelaran donor darah bisa didapatkan sekitar 100 kantong darah yang kemudian diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) DIY. "Pendonor berasal dari kalangan umum, dan untuk kali ini pendonor mesti daftar terlebih dahulu," ujar Catur.

Ia berharap dengan adanya donor darah tersebut bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah. "Dengan adanya donor darah, setidaknya bisa membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan darah," katanya.

Kepala Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) RSUP Dr Sardjito, Teguh Triyono, mengatakan kegiatan donor darah sangat bermanfaat. Ia berharap masyarakat ikut donor darah tidak hanya donor sekali saja, tapi menjadikannya sebagai gaya hidup. Menurut Teguh dalam sebulan kebutuhan darah bisa mencapai 4.000 kantong. "Kalau bisa mendapat banyak darah senang karena sangat bermanfaat" ucapnya.

Dalam aksi donor darah IKATA juga menggelar pemeriksaan katarak yang dilakuakan kepada 200 orang. Rencananya mereka akan melakukan operasi pada tanggal 11 November 2018 di RSPAU Hardjolukito, Yogyakarta.

Kegiatan kemanusian tersebut merupakan rangkaian dalam menyongsong Dies Natalis UPNVY ke 60 tahun pada tanggal 15 Desember 2018.

Disarikan dari http://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2018/11/04/512/950507/peduli-kemanusiaan-indomaret-ikata-upn-vy-gelar-donor-darah