Pemberangkatan Kuliah Kerja Nyata Angkatan ke-60 UPN "Veteran" Yogyakarta

  • Selasa 21 Juni 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1814
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Prof.Dr.Ir.Sari Bahagiarti K. M.Sc. memberangkatkan KKN angkatan ke-60 pada hari Rabu (21/6) memberangkatkan Sebanyak 695 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata KKN angkatan 60 tahun 2016, ditandai dengan upacara pemberangkatan bertempat di lapangan kampus UPN Condongcatur. Dari 695 mahasiswa peserta  KKN angkatan 60 tersebut  akan diterjunkan di  Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta.

Dalam laporannya Drs.Hendri Gusaptono, M.Si selaku  Ketua Pelaksana  KKN  melaporkan bahwa sebelum diterjunkan telah dilakukan pembekalan umum  oleh Tim Pusdimas dan pembekalan khusus oleh Dosen Pembimbing lapangan (DPL) masing-masing sesuai dengan program yang telah direncanakan. Pembekalan KKN  tersebut disetarakan dengan 250 jam efektif sesuai dengan pedoman yang berlaku

Rektor dalam amanatnya    saat upacara pemberangkatan  yang bertempat di lapangan depan gedung rektorat berpesan kepada para pembimbing lapangan dan mahasiswa peserta KKN,  untuk menjaga kesehatan para peserta KKN, dan menjaga nama baik almamater, bersikap hati-hati dan waspada  setiap melaksanakan tugas dengan disiplin, kejuangan dan kreativitas, hendaklah  para mahasiswa  cepat beradaptasi, menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat para mahasiswa  melaksanakan KKN agar  dapat diterima dengan baik oleh masyarakat setempat.  KKN kali ini    bertujuan  disamping  memupuk rasa persaudaraan dan kesatuan antar mahasiswa, masyarakat, juga secara integrasi belajar hidup bermasyarakat, sehingga sebagai calon pemimpin bangsa dapat mempersiapkan diri secara mandiri dengan bekal pengalaman yang diperoleh dari masyarakat secara langsung

“Sudah banyak materi yang diterima dalam pembekalan, oleh karena itu berdasarkan pengalaman Kuliah Kerja Nyata tersebut, saya harapkan kalian bertambah arif apabila kelak meninggalkan kampus dan terjun di masyarakat luas sebagai Sarjana Pionir Pembangunan” Kata Rektor.

Hendaknya para mahasiswa  melaksanakan program Kuliah kerja nyata dengan sungguh-sungguh, berdisiplin dan penuh rasa tangung jawab. Keberhasilan  dalam melaksanakan kuliah kerja nyata  hendaknya dapat dirasakan hasilnya  oleh diri sendiri  sebagai mahasiswa, pembimbing lapangan dan masyarakat dan almamater.

Kepada Para dosen pembimbing lapangan  rektor berpesan agar mengatur waktu dan tenaga  sehingga   tidak ada program yang terlupakan yaitu peningkatan kesehatan,pendidikan , ekonomi, social budaya dan lingkungan.

Hendaknya semua fihak menyukseskan kegian KKN ini dengan  professional, dan hendaknya  DPL  membimbing mahasiswa   agar dapat berkreasi, mengabdi dan melaksanakan KKN dengan sebaik-baiknya .

(Mur)