PMB UPN "VETERAN" YOGYAKARTA BUKA KESEMPATAN BAGI 4.830 CALON MAHASISWA BARU

  • Minggu 15 Mei 2022 , 06:47 PM
  • Oleh : Dewi
  • 4582
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) untuk tahun akademik 2022/2023 akan menerima 4.830 mahasiswa baru (maba). Mahasiswa baru UPNVY ini akan diseleksi melalui tiga jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dibuka yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM). Setiap jalur memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru dengan rincian kuota yang berbeda-beda yaitu SNMPTN 966 maba, SBMPTN 2.415 maba, dan Seleksi Mandiri 1.449 maba.

Dr. Suharsono, MT selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta menyatakan lulusan SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan studi di kampus bela negara UPNVY harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

"Sebab, tingkat persaingan untuk menjadi calon mahasiswa baru di kampus yang didirikan oleh para Pejuang Veteran Kemerdekaan Republik Indonesia ini, dari tahun ke tahun semakin ketat," ujarnya di Gedung Rektorat Kampus Bela Negara UPNVY di Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Kamis 12 Mei 2022.

"Melihat tingginya animo lulusan sekolah menengah atas yang ingin studi lanjut di UPNVY, pihak kampus membuka jalur khusus yakni Seleksi Mandiri," imbuh Wakil Rektor Bidang Akademik.

Wakil Rektor Bidang Akademik menjelaskan, jalur Seleksi Mandiri masih dibagi lagi menjadi empat yakni penerimaan jalur prestasi, computet base test (CBT), jalur nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan jalur bela negara.

"Bagi calon mahasiswa baru diharapkan betul-betul memperhatikan tahapan-tahapan pendaftaran berikut alurnya yang dijelaskan secara detail dalam web www.pmb.upnyk.ac.id," ungkapnya.

Seleksi Mandiri UPNVY jalur CBT pendaftaran dibuka mulai 3 Mei hingga 16 Juni 2022. Selanjutnya, ujian akan dilaksanakan selama 4 hari dari 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2022 di empat kota yaitu Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Purwokerto, dan Surakarta.

Untuk hasilnya akan diumumkan pada 15 Juli 2022.

Sedangkan bagi yang ingin menempuh Seleksi Mandiri UPNVY melalui jalur prestasi harus menyiapkan sertifikat kejuaran yang sudah diraih dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), olah raga, seni, dan agama baik tingkat propinsi, nasional, maupun internasional. Berikut ini  tahapannya :

  1. Pendaftaran 3-27 Mei 2022
  2. Pengisian data 3-28 Mei 2022
  3. Pengumuman hasil seleksi portofolio 4 Juni 2022
  4. Ujian praktik 8-9 Juni 2022
  5. Pengumuman 12 Juni 2022

"Untuk Seleksi Mandiri jalur nilai UTBK dan jalur bela negara, juga akan diumumkan tahapannya. Calon maba diharapkan aktif memantau web pmb.upnyk.ac.id," tambah Wakil Rektor Bidang Akademik.

Previous Next