Prodi Agroteknologi UPNYK Meraih Akreditasi Unggul BAN-PT

  • Sabtu 16 Maret 2024 , 02:03
  • Oleh : Admin
  • 1239
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Proses assessmen lapangan kegiatan akreditasi prodi Agroteknologi. Sumber: Prodi Agroteknologi

INFOUPNYK – Prodi Agroteknologi baru saja meraih akreditasi predikat “Unggul” dari BAN-PT pada hari Selasa (12/3/2024). Predikat ini dterima setelah dilaksanakannya assessmen lapangan di Ruang Sidang MA, dan lingkungan Fakultas Pertanian UPNYK khususnya Prodi Agroteknologi pada tanggal 15-17 Februari 2024. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen sivitas akademika dari program studi termasuk mahasiswa dan alumni.

Predikat “Unggul” biasanya diberikan kepada program studi atau perguruan tinggi yang telah memenuhi atau bahkan melebihi standar yang ditetapkan oleh BAN-PT. Proses penilaian ini melibatkan berbagai aspek, seperti kualitas kurikulum, keunggulan fasilitas, kompetensi dosen, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan berbagai faktor lain yang berkontribusi terhadap kualitas pendidikan.

Menurut ketua jurusan Agroteknologi, Ir. Ellen Rosyelina Sasmita, M.P., predikat unggul ini menjadikan prodi Agroteknologi pilihan terbaik untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang pertanian khususnya produksi tanaman, proteksi tanaman, dan pemuliaan tanaman dengan kekhususan pada hortikultura.

“Program studi atau perguruan tinggi yang mendapatkan predikat unggul cenderung dianggap sebagai lembaga pendidikan yang memiliki kualitas sangat baik dan dapat menjadi pilihan yang diinginkan bagi calon mahasiswa serta diakui secara luas dalam dunia akademik dan industri,” ungkap Ellen.

Dalam pernyataannya, Dekan Fakultas Pertanian UPNYK, Dr. Ir. Budiarto, M.P. menyatakan kebahagiaannya atas pencapaian ini. Hal ini juga mencerminkan komitmen fakultas untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi di bidang pertanian.

“Keberhasilan Program Studi Agroteknologi dalam meraih akreditasi unggul ini merupakan bukti nyata dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di lingkungan Fakultas Pertanian UPNYK,” ujar Dekan.

 Dr. Ir. Budiarto, M.P. juga mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mencapai prestasi ini.

Program Studi Agroteknologi UPNYK mengedepankan diri sebagai pionir dalam teknologi budidaya tanaman hortikultura serta pengembangan pertanian yang berkelanjutan. Dengan landasan kuat dalam semangat bela negara dan visi yang berwawasan global, program ini menjadi rujukan utama dalam industri pertanian.

Dengan fokusnya pada inovasi teknologi dan praktik budidaya yang berkelanjutan, program ini tidak hanya memperkaya pengetahuan lokal, tetapi juga memperluas dampaknya ke tingkat global, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan pertanian yang berkelanjutan.