REGISTRASI AKUN LTMPT JALUR SNMPTN 2020, TINGGAL 4 HARI LAGI

  • Jumat 03 Januari 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1398
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Yogyakarta tahun 2020 melalui 3 jalur yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Seleksi Mandiri (SM).Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk PTN berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik ditambah prestasi lain yang ditetapkan oleh PTN. Tahun ini sebelum mendaftar SNMPTN 2020, siswa SMA/MA/SMK kelas 12 calon pelamar terlebih dahulu registrasi akun ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Batas akhir registrasi akun LTMPT tanggal 7 Januari 2020.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Suharsono, MT mengatakan tahun ini pemerintah menerapkan kebijakan Single Sign On (SSO). Sistem inilah yang membedakan sistem SNMPTN tahun kemarin dengan tahun sekarang. Sistem ini mengharuskan sekolah SMA/SMK/MA dan siswa  untuk mendaftarkan akun di portal LTMPT, dengan melakukan registrasi akun di portal https://portal.ltmpt.ac.id.

“Tinggal 4 hari lagi, Saya berharap sekolah dan siswa yang ingin mengikuti SNMPTN 2020, wajib registrasi pada 2 Desember 2019 - 7 Januari 2020, sebab Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi akan segera ditutup.,” tambah Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVY.

Dr. Hendro Wijanarko, MSi, selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan sekolah dan siswa yang akan mengikuti SNMPTN 2020, diharap segera simpan data secara permanen. Jika sekolah dan siswa tidak mengubah status data-datanya menjadi permanen hingga 7 Januari 2020, maka tidak bisa melakukan pendaftaran PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) di SNMPTN 2020.

Sementara itu, bagi siswa lulusan 2020 yang tidak akan mengikuti SNMPTN 2020 tapi akan mengikuti UTBK-SBMPTN 2020, dapat melakukan registrasi akun pada tanggal 7 Februari – 5 April 2020 bersamaan dengan registrasi akun bagi lulusan 2018 dan 2019, Registrasi akun dapat dilakukan melalui  http://portal.ltmpt.ac.id,” ujarnya.

Hendro menambahkan jalur SNMPTN merupakan jalur berprestasi, biaya pendaftaran dibiayai oleh pemerintah. tambahnya

Dalam kesempatan yang sama, Markus Kusnardijanto, S.Sos, selaku Kasubag Kerjasama dan Humas menyampaikan bahwa pembukaan  pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Seleksi Mandiri (SM) UPN “Veteran” Yogyakarta  akan dibuka mulai tanggal 21 Mei – 3 Juli 2020.

“Ujian SM UPN “Veteran” Yogyakarta akan digelar tanggal 12 Juli 2020. Pengumuman hasil ujian SM, akan diumumkan tanggal 21 Juli 2020. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman pmb.upnyk.ac.id”. tambah Markus. Humas/Dewi