Rinta Sofia, Mahasiswa IISMA Asal UPN Veteran Yogyakarta Bukber di KDEI Taipei

  • Sabtu 16 April 2022 , 04:18
  • Oleh : Dewi
  • 1738
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Tak hanya berhasil menjadi satu dari sekian mahasiswa penerima beasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Rinta Sofia, mahasiswi Program Studi (prodi) Agroteknologi UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) merasakan indahnya kebersamaan dengan 37 awardees atau penerima beasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Salah satunya diundang berbuka puasa bersama (bukber) yang digelar Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei pada Selasa (12/4/2022) kemarin. Acara diadakan di gedung KDEI Taipei, 114, Taipei City, Neihu District, Ruiguang Rd, 550.

Perjalanan menuju KDEI cukup menyenangkan bagi Rinta. Dia bersama 16 awardee dari National Taiwan Normal University (NTNU) berangkat menggunakan Mass Rapid Transit (MRT) dari asramanya. Di KDEI, mereka bertemu awardee dari kampus National Taiwan University (NTU) dan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).

Bukber juga dihadiri KDEI, perwakilan IISMA, Perwakilan Kemdikbud, dan perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan. Beberapa awardee IISMA memberikan sambutan dan kesan pesan yang diwakilkan oleh Student Representative (SR) dari masing-masing Universitas.

IISMA sendiri merupakan program Kemendikbudristek yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar selama satu semester di sejumlah perguruan tinggi terkemuka luar negeri. S

Selain bisa kuliah di luar negeri, program ini juga memberikan beberapa keuntungan bagi mahasiswa. Salah satunya, mendapat 20 SKS yang ditransfer ke universitas di Indonesia agar mahasiswa tidak tertinggal selama mengikuti program IISMA. 

Perguruan tinggi yang bisa dipilih di program IISMA berada di kawasan Amerika dan Kanada, Inggris dan juga Irlandia, Eropa, Australia dan Selandia Baru serta tidak ketingggalan juga perguruan tinggi di kawasan Asia.