Seminar Inovasi Teknologi Sebagai solusi Bisnis

  • 04 November 2013 , 12:00 AM
  • Oleh : Dewi
  • 900
UPN VETERAN Yogyakarta

Seminar dengan Tema “Inovasi Teknologi Sebagai Solusi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing UKM di Pasar Global” diselenggarakan oleh Program Studi Agribisnis pada hari Kamis, 24 Oktober 2013, di Ruang Seminar Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Seminar diikuti oleh sekitar 125 peserta yang terdiri atas mahasiswa, alumni dan dosen Magister Agribisnis, pejabat di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta, kepala dinas di lingkungan DIY dan Jateng dan masyarakat umum di wilayah DIY.

Pembicara tunggal dalam seminar kali ini adalah Ir. Mohammad Nadjikh (CEO dan Owner PT. Kelola Mina Laut; Owner, Komisaris Utama dari 11 PT lain) dengan moderator Heni Handri Utami,SP,MM.

Direktur Magister Manajemen Agribisnis Dr. Ir. Djuarini, MP dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa  Seminar inovasi teknologi  inovasi sebagai ssolusi  bisnis  ini merupakan acara seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh MMA. Dengan mengundang nara sumber pengusaha atau praktisi dari luar institusiUPN. Inovasi teknologi di perlukan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) karena dapat meningkatkan daya ssaing dan diversivikasi product..

Sementara itu  Bapak Mohammad Nadjikh dalam ceramahnya menjnelaskan tentang  pentingnya inovasi   bagi seorang wirausahawan , karena inovasi dapat berperan  sebagai pionir dari sesuatu product yang belum ada sebelumnya. Dapat juga sebagai market leader dan membentuk deferensiasi product (unik, berbeda, dan sulit ditiru). Bentuk inovasi bisa  berupa product,  aplikasi teknologi, model  pemasaran, dan sebagimnnya.

Pemicu utama  praktek inovasi  menurut  Bapak Mohamad Najikh adalah  perubahan kondisi lingkungan eketrnal. (umum dan Global)  perubahan demografi, social budaya, ekonomi,politik, hukum hingga perubahan lingkungan pesaing bisnis.

Tiga strategi inovasi antara lain bahwa  seorang innovator dapat menjadi need Seekers (menjadi yang pertama di pasar), juga sebagai market reader (menjadi pengikut tangkas) dan menjadi seorang  tecknologi drivers (kecanggihan teknologi sebagai basis inovasi)

Selanjutnya manajemen inovasi adalah proses mengelola inovasi sehinga menghasilkan kesuksesan ekonomi dan social  yang diperoleh secara efisien dan efektif dengan mendayagunakan seluruh sumber daya  perusahaan. Keberhasilan manajemen inovasi harus ditunjang oleh inovasi manajemen. Karena inovasi manajemen mengubah cara manajer bekerja.

Inovasi manajemen adalah perubahan cara mengelola perusahaan yang lebih maju lebih modern untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan perusahaan dan stake holder dalam pencapaian tujuan perusahaan. Inovasi  yang berhasil harus berakar pada pemahaman yang mendalam atas pasar.

Lebih lanjut  bapak Mohammad Najikh menjelaskan tentang  beberapa prinsip manajemen inovasi anatara lain bahwa tidak ada inovasi tanpa kepemimpinan, inovasi membutuhkan manajemen resiko yang terkalkulasi, inovasi dipiocu kreativitas,  inovasi membutuhkan integrasi dalam teknologi, sukses inovasi membutuhkan keunggulan manajemen proyek, hasil inovasi perlu di lindungi (dipatenkan), inovasi yang  berhasil berakar pada pemahaman yang baik tentang pasar.

Previous Next