Serdadu Kumbang UPNVY Raih Emas di PIMNAS 32

  • Sabtu 31 Agustus 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2142
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Tim mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) berhasil menjadi juara pertama kategori poster untuk Program Kreativitas Mahasiswa - Pengabdian Masyarakat (PKM-M) kelas PKM-M1 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 32 yang berlangsung pada 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Denpasar.

Tim yang yang beranggotakan Aan Munandar (Teknik Geofisika 2018), Afief Manaaf Muzhoffar (Teknik Pertambangan 2017), Aurora Yupita Achmada (Agribisnis 2018), Muhammad Asslam Ridho (Teknik Geofisika 2018) dan Noer Avivah (Teknik Geofisika 2018), berhasil meraih gelar juara setelah menyisihkan 20 judul lainnya dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Mereka merupakan salah satu tim dari empat tim yang mewakili UPNVY pada kompetisi tahunan yang diselenggarakan Kemeristekdikti tersebut.

Raihan ini adalah kebanggaan bagi UPNVY setelah menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Singgih Saptono yang turut mendampingi delegasi UPNVY menyebutkan dalam kompetisi ini mereka mengajukan program pengabdian berjudul “Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang, Sebagai Pengembangan Karakter Milenials di Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang".

Judul pengabdian masyarakat yang mereka usung tersebut secara garis besar memaparkan mengenai program pendidikan dan pengembangan karakter generasi millennials yang berbasis menjunjung tinggi hak-hak anak.

"Pasar Kembang atau yang dikenal dengan Sarkem merupakan daerah lokalisasi di kawasan Yogyakarta. Anak-anak yang tinggal di daerah tersebut rentan meniru apa yang mereka lihat dan melakukan apa yang biasa terjadi di lingkungannya."kata Singgih dalam pesan singkatnya, Minggu (31/8).

Program sekolah non-formal Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang ini diadakan setiap 2 minggu sekali dan berlangung pada sore hari selama 2 jam. Sekolah Rakyat ini memiliki kurikulum yang telah dirancang disetiap pertemuannya meliputi Arti penting cita cita, Manfaat menabung, Mitigasi bencana, Cinta Lingkungan, Kebersihan lingkungan, Nilai nilai Pancasila, Kreativitas, Kebudayaan Indonesia, serta adanya Pendampingan Akademik meliputi bentuan pengerjaan tugas anak hingga konsultasi materi sekolah.

Program Sekolah Rakyat Serdadu Kumbang ini merupakan hasil kolaborasi antara Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Karang Taruna Sapta Wiratama Sosromenduran, Yogyakarta. "Semoga kedepannya program Sekolah Rakyat ini dapat terus berlanjut dan tetap memberikan pendidikan karakter bagi anak-anak di lingkungan Kelurahan Sosromenduran." Harap Singgih. (Wwj/humas)