TIGA UPN VETERAN GELAR PORSIMNAS WIMAYA

  • Kamis 14 Juli 2022 , 09:53
  • Oleh : Dewi
  • 2224
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta  bersama UPN Veteran Jawa Timur (Jatim) dan UPN “Veteran Jakarta  menggelar Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah Nasional Widya Mwat Wyasa (PORSIMNAS WIMAYA). Kegiatan  ini sebagai ajang meningkatkan kreatifitas, inovasi dan semangat kompetisi berlandaskan nilai-nilai Bela Negara.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Efendi, MS menyampaikan dalam sambutannya mengatakan bahwa PORSIMNAS WIMAYA 2022 merupakan langkah untuk membangun kembali kebersamaan dan memperkuat kembali kolaborasi serta sinergi untuk berprestasi bersama.

“Hal tersebut  sesuai dengan prinsip tiga UPN, yaitu Widya Mwat Wyasa yang berarti belajar untuk membangun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Irhas mengemukakan bahwa dahulu UPN adalah satu. Semua bersinergi untuk membangun Indonesia. Kemudian menjadi perguruan tinggi swasta, lalu menjadi perguruan tinggi negeri yang berdiri sendiri-sendiri.

“Meski pun berdiri sendiri-sendiri, tiga UPN ini tetap menganut satu prinsip yang sama, yaitu Widya Mwat Wyasa dengan nilai dasar Bela Negara,” tegas Irhas pada pembukaan Dalam PORSIMNAS WIMAYA 2022, Senin (11/7) di UPN Veteran Jatim Surabaya.

Rektor UPN Veteran Jatim, Prof Dr Ir Akhmad Fauzi MMT IPU dalam sambutan ketika acara pembukaan PORSIMNAS WIMAYA 2022, Senin (11/7) di  Surabaya antara lain mengatakan, PORSIMNAS WIMAYA ini adalah yang pertama kali dilaksankan, setelah ketiga UPN menjadi perguruan tinggi negeri.

“Semoga PORSIMNAS WIMAYA 2022 dapat menjadi titik awal langkah bagi tiga UPN untuk terus meningkatkan prestasi di bidang olahraga, seni, dan ilmiah,” harap Akhmad Mauzi.

PORSIMNAS WIMAYA 2022, diselanggarakan sejak 11 – 23 Juli 2022 di tiga tempat berbeda. UPN Veteran Jakarta untuk Cabang  Seni (20-23 Juli), UPN Veteran Jatim  melaksanakan Cabang  Olahraga  (11-23 Juli), dan UPN Veteran Yogyakarta,  Cabang Ilmiah (15-17 Juli).

Rektor UPN Veteran Jakarta Prof Dr Erna Hernawati Ak CPMA CA mengatakan, tersediakan sebanyak 103 medali yang diperebutkan dalam tiga cabang tersebut.

“Dalam setiap pertandingan dan perlombaan,  kemenangan dan kekalahan adalah hal yang biasa. Dalam hal ini sportivitas diperlukan. Oleh karena itu bagi semua peserta hendaknya selalu menanamkan jiwa semangat dalam perdtandingan,” ungkap Erna dalam kata sambutan saat acara pembukaan PORSIMNAS WIMAYA 2022.

Ia juga menambahkan, bagi yang belum berkesempatan menang,  masih ada kesempatan bertemu lagi di PORSIMNAS kedua. “Nah, tunjukkan adik-adik yang belum berhasil, tahun depan akan kembali lagi,” sebutnya menyemangati peserta.

UPN Veteran Jakarta mengirimkan atlet sebanyak  121 dan 21 official untuk cabang olahraga, satu tim paduan suara, satu tim pespawari, delapan peserta musabaqoh, satu tim tari, satu tim robot, dua tim lomba debat, dan tiga tim program kreativitas mahasiswa.

PORSIMNAS WIMAYA 2022 mengusung tema “Inovasi dan Prestasi Generasi Bela Negara untuk PORSIMNAS WIMAYA”.  Selain diikuti tiga UPN, PORSIMNAS WIMAYA 2022 juga diikuti Universitas Negeri Surakarta 11 Maret (UNS), Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, dan Universitas Setia Budi Surakarta.