UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA DITUNJUK SEBAGAI TUAN RUMAH INDONESIAN FIRE AND RESCUE COMPETITION (IFRC) KE 7 TAHUN 2021

  • 10 June 2021 , 09:42 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 1039
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, YOGYAKARTA - Dewan Indonesia Fire and Rescue Challenge/Competition (IFRC) menetapkan bahwa kegiatan tahunan Fire and Rescue ke-7 untuk tahun 2021 akan diselenggarakan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

 

Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si. selaku Rektor UPNVY mengungkapkan bahwa merupakan suatu kebanggan UPNVY ditunjuk dan dipercaya sebagai tuan rumah even yang luar biasa ini. Apalagi ini adalah untuk pertama kalinya IFRC diselenggarakan di sebuah perguruan tinggi, setelah sebelumnya selalu diselenggarakan di lokasi perusahaan pertambangan.

"Even ini memiliki pesan yang sesuai dengan semangat bela negara di UPNVY yang didirikan oleh para pejuang veteran," ujar Irhas.

 

Irhas menuturkan, selain berpegang teguh pada nilai-nilai bela negara, UPNVY juga memiliki diferensiasi di Bidang Studi Kebumian, Mineral, Migas, Lingkungan, dan Kebencanaan.

 

 "Kesuksesan penyelenggaran IFRC diharapkan bisa menjadi momentum, bukti, dan simbol implementasi dari kompetensi di bidang studi ini," ungkap Irhas.

 

Dalam kesempatan yang sama Dr, Sutarto, MT selaku Dekan Fakultas Teknologi Mineral menyampaikan penunjukkan UPNVY sebagai tuan rumah IFRC ke-7 tahun 2021, dengan beberapa pertimbangan. UPNVY dinilai memiliki lokasi, fasilitas, dan sarana penunjang lainnya yang sangat memadai untuk melaksanakan beberapa jenis kegiatan lomba seperti, Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR), Firefighter Competency Test (FCT) menggunakan Computer Base Test (CBT), Road Accident Rescue (RAR), High Angle Rescue (HAR), Fire Search and Rescue (FSS), dan Firefighter Combat Challenge (FCC).

 

Ia menambahkan UPNVY juga mempunyai akomodasi dan sarana penunjang yang sangat memadai, dapat mengakomodir kurang lebih 250 peserta termasuk untuk Board Of Directors, Assessor, dan Peserta Lomba. Sehubungan dengan penunjukan ini, UPNVY menerima kehadiran delegasi Dewan IFRC untuk menentukan rencana dan langkah selanjutnya terkait penyelenggaraan IFRC di tahun 2021, Rabu (9/6/2021). Ini merupakan pertemuan kedua, setelah pertemuan pertama, Rabu (2/6/2021) lalu. Agenda kali ini adalah melakukan pengecekan dan diskusi terkait persiapan lokasi kompetisi (lapangan dan gedung), jenis kompetisi, penentuan waktu dan lokasi pelaksanaan technical meeting dan workshop dan kompetisi, dan hal-hal lain yang dianggap perlu guna terlaksananya even sesuai kesepakatan.

 

Irwan Hakim selaku Sekretaris Dewan IFRC menyampaikan, Challenge lebih memiliki makna pembelajaran bukan kompetisi. IFRC sebagai ajang tingkat Internasional sendiri sudah terselenggara secara rutin sejak 1995, dan hanya terhenti saat pandemi Covid-19. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

Irwan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan UPNVY menjadi tuan rumah IFRC ke-7 tahun 2021.

 

"IFRC diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang Rescue atau penyelamatan di perusahaan pertambangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Irwan.

Previous Next