Upacara 17 Juni 2015

  • Rabu 17 Juni 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 733
UPN VETERAN Yogyakarta

AMANAT REKTOR PADA UPACARA BENDERA SELASA TANGGAL 17 JUNI 2015, Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua dan selamat pagi. Segenap sivitas akademika dan pegawai UPN “Veteran” Yogyakarta yang saya hormati dan saya banggakan.Pada pagi hari ini ada beberapa hal yang perlu saya informasikan antara lain :

Pertama, pada tanggal 11 dan 12 Mei 2015 Magister Ilmu Ekonomi (MIE) telah divisitasi oleh asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Visitasi ini merupakan proses reakreditasi yang diajukan oleh MIE kepada BAN PT. Dalam visitasi tersebut Prof. Agus Rahayu, MP menjelaskan bahwa assesmen lapangan kali ini bukan untuk mencari kesalahan namun lebih untuk mencocokan antara data borang yang telah disusun secara baik dengan data lapangan yang ada sehingga akan terjadi sinkroniksasi antara visi, misi dan tujuan dengan fakta-fakta pendukung di borang.

 

 Kedua, Pada tanggal 26 Mei 2015 di Gedung Rektorat lantai V telah diadakan seleksi mahasiswa berprestasi tingkat universitas. Tahap seleksi,

  1. Masing-masing fakultas mengirimkan satu peserta untuk dikirim ke universitas. 
  2. Di universitas diseleksi oleh tim seleksi mahasiswa berprestasi tingkat universitas. 
  3.  Dari hasil seleksi diperoleh peringkat sebagai berikut :
  4. Achsanul Akbar (FE)
  5. Meda Sely Esita (FISIP)
  6. Nilam Widyasih (FTI)
  7. Noorma Gupita (FP) 
  8.  Peserta peringkat pertama akan dikirim untuk seleksi tingkat nasional.

Ketiga, pada tanggal 27 dan 28 Mei 2015 Biro Kerjasama dan Komunikasi UPN ”Veteran” Yogyakarta telah menyelenggarakan Seminar Nasional Pengembangan Kawasan Perbatasan Tahun 2015 di Nakulo Sadewo Convention Room Hotel Ina Garuda tema yang diambil dalam seminar tersebut adalah ”Meningkatkan Jiwa Nasionalisme dan Semangat Bela Negara Untuk Pemberdayaan Wilayah Perbatasan Sebagai Beranda NKRI”, peserta seminar terdiri dari pemangku kepentingan antara lain akademisi, perwakilian kementerian/lembaga negara, perwakilan gebernur/bupati wilayah perbatasan, masyarakat perbatasan dan pelaku usaha baik Swasta Maupun BUMN. Rektor dalam sambutanya mengusulkan dibentuknya Forum Komunikasi Perbatasan (FORBATAS) sebagai komunikasi dan saling tukar informasi untuk pemberdayaan kawasan perbatasan.

Keempat, sebanyak 3400 calon mahasiswa baru pada tanggal 9 Juni 2015 telah melaksanakan tes tulis SBMPTN di kampus UPN ”Veteran” Yogyakarta untuk kelompok Soshum, atas nama pimpinan kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia, sehingga SBMPTN di UPN ”Veteran” Yogyakarta berjalan tertib dan lancar.

Kelima, pada tanggal 10 Juni 2015 telah ditandatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara UPN ”Veteran” Yogyakarta dengan Saskatchewan Polytechnic Canada dan UPN ”Veteran” Yogyakarta dengan BATAM pusat, dan tanggal 15 Juni 2015 juga telah ditandatangani nota kesepahaman antara THE SOUHT HEAST ASIAN MINISTER OF EDUCATION ORGANIZATION REGIONAL OPEN LEARNING CENTER (SEAMEO SEAMOLEC), INDONESIA degan UPN ”Veteran” Yogyakarta di Jakarta. Di hari kemudian yakni tangal 16 Juni 2015 juga telah di tandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan lindung Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Rektor UPN ”Veteran” Yogyakarta tentang Peran Serta Peserta Didik , Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Gerakan Penanaman Pohon

Keenam, pada tangal 12 Juni 2015 di ruang seminar Fakultas Pertanian telah dilaksanakan pengarahan oleh Tim dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tentang asistensi Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Review atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, pelatihan diikuti semua pejabat dari eselon I sampai eselon IV di lingkungan UPN ”Veteran” Yogyakarta, pengarahan ini dimaksudkan karena kedepan UPN ”Veteran” Yogyakarta sebagai instansi Pemerintah harus membuat Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review Kinerja dan akan dinilai untuk mendapatkan Nilai Peringkat Kinerja.  

Ketujuh, Sesuai Kalender Akademik pada tanggal 22 juni sampai dengan 3 Juli 2015 akan berlangsung Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2014/2015 kepada seluruh panitia  Kami selaku Pimpinan menghimbau kepada semua pihak untuk  bekerja keras agar pelaksanaan ujian bisa berlangsung dengan tertib dan lancar.

Kedelapan, Sejumlah 348 mahasiswa UPN ”Veteran” Yogyakarta tanggal 13 Juni 2015 kemarin telah diwisuda, untuk wisuda Program Pascasarjana, sarjana  dan Diploma periode Ke-4 Tahun 2014/2015 untuk itu kepada seluruh Panitia Pelaksana Wisuda dan Satker yang terkait kami mengucapkan terima kasih telah bekerja keras sehingga wisuda berjalan dengan tertib dan aman.

Kesembilan, pada tanggal 15 Mei 2015 di Gedung Rektorat Lantai V telah dilaksanakan sosialisasi serdos tahun 2015 UPN ”Veteran” Yogyakarta, Pemateri serdos adalah wakil Rektor I dan Ketua Panitia Sertifikasi Dosen.

Kesepuluh,  Hari ini tangggal 17 Juni 2015 di gedung Rektorat lantai V dilaksanakan Paparan Program Hibah dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LDP) oleh reviewer LDP.

Kesebelas, mahasiswa jurusan Teknik Geologi atas nama Kurniawan Setia, Andi Okky dan Julian Kurnia berhasil menjadi juara I dalam lomba paleovulcanism consep di STTNAS. Demikian Pula dalam lomba video contes untuk mahasiswa di Club AAPG tingkat Internasional Deaz Dewantara berhasil menyabet juara I. Mahasiswa jurusan Manajemen berhasil menjadi juara I kompetisi nasional glow in nasional manajemen competition 2015 atas nama Ahsanul Akbar.

Terakhir, pada tanggal 12 Juni 2015 telah dilaksanakan penarikan mahasiswa KKN UPN ”Veteran” Yogyakarta angkatan 58, salah satu lokasi yang dikunjungi oleh Rektor dan Kabid KKN adalah di desa Jepitu, Kecamatan Girisobo, Kab. Gunungkidul dengan program unggulan membuat mie dari rumput laut.

                Akhirnya saya mengucapkan selamat bekerja semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi langkah kita dalam mengemban tugas mulia di lembaga yang kita cintai ini.

Sekian

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

               

                    Rektor 

                                                                                 

                      TTD

 

 Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc

                                NIP. 19561219 198411 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Previous Next