UPN VETERAN YOGYAKARTA BERSAMA PASKHAS AU DAN BPBD DIY GALANG PELATIHAN BELA NEGARA

  • 08 October 2021 , 01:09 PM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 96
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) bersama Paskhas Angkatan Udara dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  menggalang  pelatihan Bela Negara bagi Unit Kegiatan Kemahasiswaan, Pramuka, Menwa, KSR dan Mapala. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 5 07 Oktober 2021 yang berlokasi di UPN Veteran Yogyakarta.

 

Hari Kusuma Satria Negara SE,M.Acc selaku koordinator dan pembina pramuka pelaksana kegiatan menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan para kader bela negara dari beberapa mahasiswa yang diharapkan akan terus berkembang dan semakin banyak civitas akademika untuk bersiap diri ketika ada bencana.

 

Hari menambahkan UPN Veteran Yogyakarta merupakan kampus bela negara yang berada di wilayah ring of fire dari bencana alam gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor dan banjir. UPN Veteran Yogyakarta menyiapkan diri untuk mengambil peran dalam mengabdikan diri untuk menjadi bagian penanganan bencana. Oleh karena itu UPN Veteran Yogyakarta mengadakan pendidikan wimaya tanggap bencana bagi UKM yang bercirikan bela negara seperti Pramuka, Menwa, KSR, Mapala dan juga mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik untuk mengikutinya.

 

Ia menambahlan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 5-7 Oktober 2021 yang berlokasi di UPN Veteran Yogyakarta dan ditangani langsung oleh Paskhas AU dan BPBD DIY. Adapun bentuk kegiatannya yaitu mulai dari materi kebencanaan hingga praktek penggunaan perlatan-peralatan tanggap bencana, praktik penanganan penolongan pertama pada kecelakaan, pemadaman api, serta simulasi gempa bumi, banjir dan tanah longsor.

 

 

Previous Next