UPN “Veteran” Yogyakarta gelar Sosialisasi Keprotokolan : Berperan Penting Bagi Institusi, Protokol di Garda Terdepan

  • Selasa 16 November 2021 , 10:29
  • Oleh : Dewi
  • 2536
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek) Keprotokolan di Platinum Hotel, Senin (15/11/2021). Kegiataan dihadiri rektor dan wakil rektor serta diikuti karyawan humas dan protokol dan perwakilan Tata Usaha (TU) di masing-masing fakultas.

Dr. Mohamad Irhas Effendi M.Si mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan tentang keprotokolan dan kehumasan civitas akademika UNPNV. Pengembangan wawasan dinilai penting karena fungsi humas dan protokol sangat strategis bagi institusi, termasuk perguruan tinggi.

"Ada yang mengartikan protokol itu seperti halaman pertama dari sebuah buku. Jadi ketika kita akan membuka buku, didepannya ada protokol. Ketika kita masuk pada institusi, maka protokol-lah yang berada di garda paling depan," paparnya.

Karena itu peran protokol menjadi sangat penting bagi UPNVY. Sesuai Undang-undang (UU) Nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan, keberadaan keprotokolan dan kehumasan memiliki makna yang besar bagi institusi. Protokol memiliki tugas dan pedoman dalam sejumlah tata cara di institusi. Diantaranya tata upacara, penghormatan, penyelenggaraan berbagai acara.

"Yang tak kalah penting, menciptakan hubungan yang baik antarinstitusi dan unit kerja, instansi dan membangun citra institusi, imej, membuat branding," ujarnya.

Bagian Keprotokolan dan Humas UPNVY harus memiliki keyakinan untuk membranding imej kampus sebagai Perguruan Bela Negara. Sehingga UPNVY memiliki keunikan yang berbeda dari kampus lain. Untuk mencapai itu, Bagian Keprotokolan harus memiliki kualifikasi tata cara. Dengan demikian bisa menjalankan peran di kelembagaannya.

"Kapasitas dan kemampuan komunikasinya seperti apa, perlu kualifikasi," ujarnya.

Sementara Kepala Biro Umum  Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama (AKPK) UPNVY, mengungkapkan humas dan protokol menghidupkan branding UPNVY. Untuk membranding, perlu sinergi humas dan protokol meski unit kerja terpisah.

"Bimtek digelar dengan materi humas dan keprotokolan, termasuk learning skill," ujarnya.

Budi berharap, kegiatan di UPNVY kedepan bisa lebih melibatkan Humas dan Protokol. Dengan demikian berbagai kegiatan diketahui humas dan protokol.

"Humas dan protokol harus siap," ujarnya.