UPN VETERAN YOGYAKARTA GELAR WEBINAR STRATEGY FOR BRAND REPUTATION

  • Selasa 26 April 2022 , 12:44 PM
  • Oleh : Dewi
  • 622
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Himpunan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi (HIMAMIKOM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVYK) menyelenggarakan Magister Ilmu Komunikasi-Talk (Mi-Talk) dengan tema “Trust and Loyalty: Strategy for Brand Reputation” pada Minggu (24/04/2022). Acara dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan menghadirkan narasumber Trisna Risani Karya selaku Happiness Manager dari @Bisnishack.com.

Sebagai pembuka, Alan Kusuma yang merupakan ketua pelaksana acara memberi sambutan dengan menyampaikan bahwa Mi-Talk dilakukan dalam rangka memperkenalkan Magister Ilmu Komunikasi UPNVYK. Alan lalu menjelaskan manfaat dari tema yang di angkat pada acara ini. “Trust dan loyalty menurut kami merupakan tema umum yang bisa kita manfaatkan di segala lini, seperti dalam instansi dan wirausaha karena pengaruhnya untuk brand kita sendiri,” pungkasnya.

Pada awal pemaparan, Trisna atau yang biasa disapa Ina menyatakan bahwa hampir semua instansi baik itu koorporasi sampai pemerintahan memiliki tujuan membentuk brand reputasi. Dalam segi bisnis, brand merupakan apa yang kita ciptakan dan reputasi merupakan apa yang orang lihat terhadap perilaku kita sehari-hari di perusahaan. Ina lalu menyampaikan pentingnya brand reputasi itu sendiri. “Semakin kuat brand reputasi, maka akan semakin banyak orang yang percaya dan melakukan advokasi serta merekomendasikan brand tersebut,” ungkapnya. Berdasarkan keterangan dari Ina, setidaknya terdapat tiga hal yang perlu di garis bawahi dalam brand reputasi, trust yaitu mempercayai, advocate yaitu advokasi dan rekomendasi. Ketiga hal tersebut merupakan inti dari pekerjaan Ina sebagai Happiness Manager yang mengontrol kepuasan dari customer.

Brand reputasi menurut Ina pada intinya dapat menjadi hal yang menguntungkan dalam sebuah bisnis karena merupakan bagian yang menjadi pembeda antara brand satu dengan brand yang lainnya. Apabila telah memiliki brand reputasi yang kuat, maka salah satu keuntungannya adalah dapat menciptakan lebih banyak loyal customers. “Tanpa kita minta, apabila telah memiliki brand reputasi yang kuat maka customers akan datang sendiri kepada kita,” pungkasnya.

Untuk membangun dan me-manage brand reputasi, maka terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan. “Pertama, bangun brand identity. Kedua, bangun dan hadir dalam online networking/community. Ketiga, aktif minta dan memonitor review. Keempat, mendengar feedback dari customer. Kelima, improve Customer Experience. Keenam, bentuk Corporate Culture yang berkesan. Ketujuh, buat brand style guide. Dan yang terakhir, bentuk tim PR / Public Affair,” ungkap Ina yang juga merupakan Customer Loyalty Spesialist.

Pada akhir acara, Ina menyampaikan kata penutup. “Hal yang terkait dengan trust dan loyalty termasuk brand reputasi akan selalu dipertanyakan apa output yang dihasilkan, kita dapat menjawab bahwa repeat order rates dan loyalitas customer adalah jawabannya. Bagaimana komunikasi, produk, dan service merupakan 3 hal yang paling penting untuk menjaga reputasi produk tersebut,” tutupnya

Previous Next