UPN VETERAN YOGYAKARTA JALIN KERJA SAMA DENGAN BSI

  • 16 February 2022 , 10:45 AM
  • Oleh : Dewi
  • 692
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM (Sumber Daya Manusia), UPNVY (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta) melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman   atau MOU (Memorandum of Understanding) dengan BSI (PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk) tentang Pemanfaatan Layanan Jasa dan Produk Perbankan Syariah, dan Penyelenggaraan Tri Dharma PT (Perguruan Tinggi), di Gedung Rektorat Kampus Bela Negara UPNVY di Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Senin (14/2/2022).

 

MoU ditandatangani oleh Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si. selaku Rektor UPNVY dan Ir. Kokok Alun Akbar selaku Direktur Retail dan Banking BSI.

 

Prof. Irhas menuturkan, Perbankan Syariah merupakan program dari Pemerintah RI (Republik Indonesia) yang harus didukung oleh semua pihak. Salah satunya adalah melalui MoU antara UPNVY dan BSI yang memiliki ruang lingkup meliputi Penyelenggaraan Tri Dharma (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) PT, Pemanfaatan Produk dan Layanan Jasa Perbankan Syariah, Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) penyelenggaraan penyediaan kesempatan magang dan pelatihan bagi Mahasiswa, dan bidang-bidang lain yang perlu dikerjasamakan dan disepakati.

 

"Kerjasama lintas sektoral antar lembaga memiliki nilai strategis khususnya untuk meningkatkan kepercayaan dari pemangku kepentingan dan mendorong kualitas pelayanannya yang lebih baik kepada masyarakat," ujarnya.

 

Dalam kesempatan yang baik ini, Prof. Irhas, sangat menyambut baik kerjasama antara UPNVY dengan BSI. Rektor mengharapkan, dengan berlandaskan semangat kemitraan, kerja sama ini membawa dampak positif yang akan memberikan manfaat dan keberkahan bagi perkembangan kedua lembaga dan bagi masyarakat yang dilayaninya.

 

Pengelolaan keuangan UPNVY yang sudah berubah menjadi BLU (Badan Layanan Umum), dan keunggulan UPNVY di Bidang Migas (Minyak dan Gas Bumi) yang dikelola melalui Badan Pengembangan Usaha  UPNVY, tentunya sangat membutuhkan dukungan dari sektor perbankan.

 

"Kemitraan ini harus bisa menjadi penyemangat dan energi baru bagi UPNVY dan BSI untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Sehingga akan bermuara kepada semakin meningkatnya tingkat kepercayaan dan pengakuan masyarakat terhadap kinerja dan layanan dari kedua lembaga," ungkapnya.

 

Prof. Irhas menyampaikan, MoU ini akan segera ditindaklanjuti dengan PKS (Perjanjian Kerja Sama) yang akan dituangkan ke dalam poin-poin yang bersifat lebih teknis, agar bisa segera terealisasikan dan memberikan manfaat yang signifikan bagi UPNVY dan BSI.

 

Sementara itu, Kokok menghaturkan ucapan terima kasihnya kepada UPNVY atas kepercayaan yang diberikan kepada BSI sehingga bisa menjadi mitra untuk pemanfaatan produk, jasa, dan layanan perbankan syariah.

 

Melalui sinergi ini, Kokok ingin BSI berkolaborasi dengan UPNVY melalui kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat agar bisa memberikan manfaat yang lebih luas. Selain tentunya memberikan layanan perbankan yang terbaik bagi seluruh civitas akademika UPNVY, yang sesuai prinsip syariah dengan dilengkapi fasilitas digitalisasi yang canggih dan mumpuni.

 

"Melalui kerja sama ini semoga dapat menghasilkan dampak yang positif melalui sinergitas, kolaborasi, dukungan, dan win win solution bagi kedua belah pihak dengan berpegang dan berlandaskan pada prinsip-prinsip Syariah (keterbukaan, kesetaraan, dan keadilan)," kata Alumnus Fakultas Pertanian UPNVJT (UPN "Veteran" Jawa Timur) tahun 1989 ini.

 

"Juga dapat menumbuhkembangkan dan mengoptimalkan potensi keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang terbesar di dunia," imbuhnya.

 

Memulai kegiatan operasionalnya pada 1 Februari 2021 lalu, BSI merupakan bank hasil penggabungan dari tiga Bank Syariah milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI (Bank Negara Indonesia) Syariah, dan BRI (Bank Rakyat Indonesia) Syariah. Kantor Pusat BSI DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) berada di Jalan Jenderal Sudirman No.42, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

 

Turut menyaksikan penandatangan MoU adalah para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, dan Kepala Lembaga dan Biro di lingkungan UPNVY bersama jajaran pimpinan BSI.

Previous Next