UPN 'Veteran' Yogyakarta Jalin Kerjasama Pengabdian Masyarakat dengan UniSZA Malaysia

  • Rabu 22 Maret 2023 , 04:46
  • Oleh : Dewi
  • 8754
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) menjalin kerjasama pengabdian masyarakat dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Malaysia. Kerjasama ini digelar melalui program bertajuk We Care We Serve: 9.0 Internasional Community Service yang digelar di Kampung Batik Giriloyo, Imogiri, Bantul 16-23 Maret 2023.

Wakil Dekan III Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama FEB UPNVY, Dr. Januar Eko Prasetio, M.Si., Ak., CA mengatakan melalui kerjasama ini mahasiswa dari kedua perguruan tinggi bisa saling berdiskusi tentang banyak hal. Mulai dari program kerja hingga pendanaan organisasi kemahasiswaan antar kedua perguruan tinggi.

"Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain Pendidikan dan Pengajaran, serta Penelitian dan Pengembangan," ucapnya.

Selain mensukseskan Tri Dharma, UPNVY khususnya FEB terus berupaya meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain baik nasional dan internasional. Melalui berbagai kerjasama akan lebih banyak memunculkan ide dan gagasan.

"Kami berharap akan semakin banyak kerjasama yang terwujud. Tidak hanya untuk UPNVY, kerjasama semacam ini bisa saling menguntungkan dan memajukan masing-masing perguruan tinggi," jelasnya.

Mahasiswa dari UniSZA, Malaysia bisa semakin mengenal budaya yang ada di Indonesia, khususnya Jogjakarta. Secara tidak langsung juga mengenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional. Sebaliknya, mahasiswa UPNVY juga akan bisa lebih mengenal budaya dari mereka.

"Dalam kegiatan ini mahasiswa dari UniSZA, Malaysia belajar membatik di Kampung Batik Giriloyo, Imogiri yang merupakan desa binaan dari FEB UPNVY. Mereka antusias mempelajari dan mengenal budaya-budaya di Indonesia khususnya Jogjakarta"

Lebih lanjut dia menyampaikan, dengan mengenalkan Kampung Batik ini, UPNVY ingin menunjukkan komitmennya dalam pengabdian masyarakat. Sifat dari pengabdiannya juga berkelanjutan dan memajukan ekonomi masyarakat sekitar.

"Di dalam memajukan ekonomi suatu daerah kami melihat terlebih dahulu potensi yang ada. Sehingga sifatnya berkelanjutan dan memberikan manfaat secara ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," lanjutnya. (*)