UPN “Veteran” Yogyakarta Tandatangani Kerja Sama dengan Minsk State Linguistic University

  • 15 January 2022 , 01:28 PM
  • Oleh : Dewi
  • 957
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- UPN “Veteran” Yogyakarta menandatangani kerja sama dengan Minsk State Linguistic University (MSLU), Minsk, Republik Belarus pada Jumat (14/1/2022) lalu. Acara ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti implementasi kerja sama dalam bidang kebudayaan, pendidikan, dan people-to-people contact antara Rl-Belarus.

Penandatanganan kerja sama antara MSLU dan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan langkah awal yang akan segera diikuti dengan Implementasi kerja sama. Pada pertemuan ini dibahas draft awal plan of action sebagai acuan kedua pihak untuk menindaklanjuti perjanjian kerja sama.

“Di era global saat ini, kerjasama internasional telah menjadi kebutuhan vital bagi sebuah institusi untuk berkembang dan berhasil. Saya ingin menekankan bahwa mengembangkan kerjasama dengan institusi lain telah menjadi prioritas kami,” ujar Irhas Effendi selaku Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta.

Irhas juga menyampaikan bahwa Kerjasama dengan lembaga pendidikan akan meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, UPN “Veteran” Yogyakarta telah telah menjalin kerjasama dengan banyak universitas dan institusi lain dari Amerika Serikat, Eropa, dan negara-negara Asia.

Pada kesempatan ini, Natalja Laptseva selaku Rektor dari MSLU menyampaikan beberapa poin kerja sama. Pertama, MSLU akan mendirikan pusat bahasa dan budaya Indonesia. Kedua, mempromosikan pengajaran bahasa Indonesia. Ketiga, memfasilitasi pengajaran Bahasa Rusia dan mengirimkan pengajar dari MSLU ke UPN “Veteran” Yogyakarta. Keempat, mengadakan acara kebudayaan dengan basis bahasa dan budaya Indonesia.

Pada kesempatan ini, pihak UPN “Veteran” Yogyakarta juga menyampaikan poin kerja sama yang ditawarkan. Pertama, memfasilitasi promosi seni dan budaya dari Belarus. Kedua, mengadakan pembelajaran bahasa Indonesia di MSLU. Ketiga, menjadikan bahasa Rusia sebagai salah satu mata kuliah pilihan dalam jurusan Hubungan Internasional. Keempat, mendirikan pusat bahasa dan budaya Rusia di UPN “Veteran” Yogyakarta.

Valery Kolesnik selaku Duta Besar Republik Belarus untuk Indonesia turut mengucapkan selamat atas terselenggaranya kerja sama ini. “Kerja sama ini adalah sebuah langkah lebih lanjut dari MSLU. Kami mendukung kegiatan ini karena kami yakin bahwa dengan pertukaran hubungan, budaya, pendidikan, bahasa akan berdampak baik bagi orang-orang kita demi membangun masa depan yang lebih cerah.”

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia, Jose Tavares juga mengungkapkan hal serupa. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada kedua universitas atas terselenggaranya kerja sama ini. Dengan semangat kerja sama untuk menguatkan kapasitas, kami harap kedua universitas dapat saling membagikan sumber daya demi keuntungan bersama sehingga bisa mengembangkan kemampuan para mahasiswa.”

Previous Next