UPNVY DAN TNI AL GELAR VAKSINASI UNTUK 3 RIBU MAHASISWA

  • 01 September 2021 , 11:44 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 319
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) kembali menggelar vaksinasi untuk mahasiswa. Agenda vaksinasi tersebut sebagai wujud atas kerjasama dari pihak kampus dengan TNI AL (Angkatan Laut). Wakil Komandan TNI AL, Agus Sulistyo menyebutkan bahwa agenda vaksinasi mahasiswa ini sebagai bagian untuk mempercepat Herd Immunity atau kekebalan bersama.

 

“Kita menyasar pemerataan vaksinasi untuk masyarakat dan juga pelajar supaya cepat terbentuk Herd Immunity,” ucapnya, Selasa (31/8/2021).

 

Dalam agenda vaksinasi mahasiswa tersebut, Agus mengungkap bahwa akan ada dua ribu dosis vaksin berjenis Sinovac. “Total akan memberikan vaksin dua ribu dengan tipe vaksin Sinovac,” katanya.

 

Agus menjelaskan mengenai makanisme mahasiswa yang hendak mengikuti program vaksinasi tersebut. Vaksinasi kedua akan dijadwalkan pada 28 September 2021. Kegiatan vaksinasi mahasiswa ini bertujuan untuk menggenjot program vaksinasi di DIY yang mana Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X telah mentargetkan 85 persen masyarakat tervaksin hingga bulan September.

 

“Kita harap secepatnya masyarakat DIY tervaksin 80 persen, target dari Gubernur 85 persen seluruh masyarakat DIY sudah divaksin,” ucap Sulis.

 

Sulis kemudian mengungkap mengenai stok vaksin yang didapatkan pihaknya. Nantinya TNI AL juga akan menjalin kerjasama dengan instansi lain untuk vaksinasi masyarakat pesisir pantai.

 

“Kita mendapatkan vaksin dari Dinkes sejumlah 600 ribu dosis vaksin yang untuk TNI dibagi rata untuk TNI Darat, Udara dan laut,” kata Sulis.

 

“Nanti akan terus ada stok vaksin. Kita TNI AL akan juga menyasar masyarakat maritim atau disekitar pesisir pantai,” imbuhnya.Soni, perwakilan dari UPNVY menambahkan bahwa telah ada 13 ribu mahasiswa yang tervaksin dalam agenda vaksinasi mahasiwa tersebut “Mahasiswa total 13 ribu sudah tervaksin, jadi sekitar 25 persen,” kata Soni.

 

Soni menyatakan pentingya vaksinasi bagi mahasiswa. Sebab, kemungkinan akan banyak para mahasiswa yang berdatangan meskipun PTM (Pembelajaran Tatap Muka) belum dimulai.

 

“Vaksin ini akan memperkuat kekebalan tubuh kita melawan virus Corona. Kalau semua sudah tervaksin, otomatis semua unsur di universitas akan aman,” ucap Soni.

“Banyak mahasiswa yang kemungkinan mulai berdatangan, target vaksinasi kita 3 ribu vaksin,” imbuhnya.

 

Dalam agenda kerjasama TNI AL untuk vaksinasi mahasiswa tersebut, pihak Universitas bertugas menyiapkan sarana prasarana.

 

“Kita menyiapkan sarana prasarana penunjuang seperti IT, tempat, dan sebagainya,” Ucap Soni

 

Soni memastikan bahwa pihaknya masih akan mengelar vaksinasi mahasiswa untuk tahap berikutnya. Sekedar informasi, saat ini wilayah DIY masuk pada golongan PPKM Level 4 yang mana setiap Universitas tidak diperbolehkan menggelar PTM.

 

Meskipun demikian, dengan semakin gencarnya vaksinasi mahasiswa ini tidak menutup kemungkinan bahwa dalam beberapa waktu ke depan, DIY akan turun level PPKM sehingga PTM bisa dilakukan.

 

Soni pun mengungkap bahwa pihaknya telah siap menggelar PTM. Pihak kampus juga berharap bahwa Oktober sudah bisa PTM.

 

“Kita sarana dan prasarana sudah siap, namun masih menunggu kebijakan lanjutan apakah level PPKM turun atau tidak,” ungkap Soni.

 

“Semoga Oktober tahun ini kita sudah mulai PTM,” imbuhnya.

 

https://kumparan.com/tugujogja/upnvy-dan-tni-al-gelar-vaksinasi-untuk-3-ribu-mahasiswa-1wRJmqTfaXg/full?utm_source=kumMobile&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=share&shareID=LoNuGJmZEYXe

Previous Next