UPNVY Salurkan 30 Tanki Air Bersih

  • Selasa 03 Oktober 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1097
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

GUNUNG KIDUL – Warga Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Gunung Kidul akhirnya bisa lega setelah mendapatkan bantuan air bersih dari UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Selasa (3/10/2017).

Kesulitan mendapatkan persediaan air bersih akibat kekeringan selama musim kemarau dapat sedikit teratasi. Margiyono, Ketua Karang Taruna Desa Giricahyo mengaku senang mendapatkan bantuan tersebut.

“Kami berterimakasih sekali dengan bantuan ini. Kami sangat butuh sekali air apalagi di musim kemarau seperti ini,”ujarnya.

Ia mengatakan selama musim kemarau warga harus mengambil air dari sumber yang lumayan jauh. Terkadang warga harus membeli air dari truk tangki.

“Sumber disini jaraknya sekitar 2 km. Kalu beli 1 tangki bisa Rp 125.000 hanya cukup untuk 9 hari, “ ujarnya.

Jika musim hujan, warga akan menampung air kedalam bak-bak penampung. Di desa ini tidak semua warga memiliki sumur. Persediaan air hanya mengandalkan dari mata air yang jaraknya jauh dari perkampungan.

Melalui program pengabdian kepada masyarakat UPNVY menyalurkan sebanyak 30 truk tanki ke dua kecamatan di Gunung Kidul. Sebanyak 20 truk tangki disalurkan di Kecamatan Purwosari, dan sisanya di Kecamatan Tepus.

Rektor UPNVY, Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc mengatakan program pemberian air bersih yang dilakukan merupakan agenda rutin UPNVY setiap tahun.

“Setiap tahun selalu kami lakukan. Tidak hanya di wilayah Gunung Kidul namun juga daerah lain yang kekeringan,” ujarnya disela-sela pemberian air. (wwj/humas)