UPT PKK UPNVY GELAR WEBINAR “KLINIK CV” 2021

  • Jumat 26 Maret 2021 , 03:39 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1373
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) kembali menggelar serangkaian webinar persiapan rekruitmen kerja untuk kali ketiga pada Jumat, 26 Maret 2021 silam. Pagelaran webinar secara daring melalui media Zoom tersebut bertajuk,”Klinik CV” yang mana mengundang Maya Linaseptriana (Former City Head at Ula, Career Development Coach) sebagai pembicara utama dalam webinar ini. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri guna menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam mencari pekerjaan. Selain itu, agar mahasiswa dapat menyusun CV dengan baik dan benar sehingga dapat menjadi amunisi pertama seorang mahasiswa dalam melamar pekerjaan.

 

Danang Yudhiantoro, SE, M.Si selaku Kepala Bagian UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPT PKK) UPNVY mengatakan bahwa memiliki CV yang menarik memang penting adanya bagi seorang mahasiswa “Fresh Graduate”. Bagaimana tidak, CV menjadi tiket seorang pelamar kerja yang dilihat pertama kali oleh seorang HRD. Mahasiswa Fresh Graduate pun perlu membuat CV dengan konten yang padat dan  menarik mengenai diri sendiri yang sekiranya dapat ‘dijual’ ke mata HRD. Oleh karena itu, UPT PKK UPNVY menginisiasi webinar ketiga dengan tema “Klinik CV”.

 

Maya Linaseptriana sebagai pembicara utama menuturkan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu dihindari dalam pembuatan CV, seperti halaman CV yang terlalu banyak (disarankan 1 halaman CV untuk seorang Fresh Graduate), terlalu banyak informasi personal (seperti alamat yang detail dan tanggal lahir), desain CV yang buruk, penggunaan kata yang berlebihan dan terkesan sombong, tata bahasa yang buruk dan terrdapat beberapa salah penulisan, serta foto yang kurang sesuai (disarankan menggunakan foto formal namun dengan pose dan mimik wajah yang ‘approachable’, yaitu dengan menampilkan seulas senyum bersahabat dengan background yang tidak terlalu monoton seperti halnya foto ijazah dengan background merah atau biru).

 

Maya pun menambahkan apa yang harus terdapat dalam sebuah CV. Yang pertama yaitu Contact Information, hal ini menjadi penting agar HRD dapat mudah menghubungi pelamar kerja. Pada bagian informasi kontak pun tidak perlu secara detail, cukup cantumkan nomor handphone, e-mail, alamat secara tidak spesifik (contoh: Condongcatur, Sleman, DIY) agar tidak disalah gunakan. Yang kedua yaitu, Summary dimana seorang pelamar wajib membuat personal statement menonjol yang dapat membuat HRD tertarik untuk membaca lebih dari tujuh detik. Selanjutnya diikuti Education, Work Experience (untuk seorang mahasiswa Fresh Graduate dapat mencantumkan pengalaman magang), Organization Experience, Achievements, Additional Training and Certifications, dan Skills.

 

Semoga kalian semua dapat membuat CV yang menarik para HRD sehingga dapat menjadikan CV sebagai tiket keberhasilan utama kalian dalam proses rekruitmen kerja. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan. Sekian dan terima kasih”, tutup Maya menutup webinar pada Jumat (26/03).

Previous Next