Valeria Paulini Wakili UPNVY di POMNAS 2019

  • Selasa 10 September 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1804
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Valeria Paulini mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) akan berlaga memperebutkan medali emas dari cabang olah raga (cabor) renang, dalam  Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVI (Pomnas XVI) di Jakarta pada 19-26 September 2019. 

Valeria Paulini merupakan satu-satunya perwakilan UPNVY yang lolos mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk berlaga di POMNAS.

“Badan Pengelola Olahraga Mahasiswa Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BAPOMI-DIY) menyeleksi sekitar 20an mahasiswa dari UPNVY, namun hanya satu orang lolos dan bergabung dengan satu atlet lainnya tim dari provinsi.” Kata Prijoto, pendamping cabor renang sekaligus dosen olahraga dari UPNVY.

Prijoto menjelasakan atlet asuhannya tersebut akan mengikuti nomor 50 meter gaya bebas putri, 100 meter gaya bebas putri, dan 50 meter gaya kupu-kupu putri.

Sebelumnya Valeria Paulini sudah membuktikan dirinya saat berlaga di gelaran Pekan Olah Raga Daerah (PORDA) DIY tahun 2018 lalu. Ia berhasil menyapu bersih medali emas dari sembilan nomor perlombaan renang.

Saat ini, kata Prijoto para atlet sedang mempersiapkan diri dengan berlatih keras. Mereka berlatih renang setiap hari dan juga latihan fisik.

“Kami berharap semoga latihan keras ini membawa hasil yang maksimal dan membanggakan bagi provinsi maupun universitas.” Ujarnya.

Menurut Prijoto pada cabor renang ini ada beberapa lawan yang patut diperhitungkan dari beberapa provinsi. Pasalnya para atlet tersebut kerap berlaga di kompetisi nasional dan kerap mendapatkan medali.

“Meskipun banyak lawan berat namun kami tetap optimis dapat meraih medali.” Ujarnya.

Pada POMNAS tahun 2019 ini sebanyak 105 atlet mahasiswa telah lolos seleksi untuk berpartisipasi dalam 15 cabor dari total 19 cabor yang dipertandingkan dalam perhelatan ini. Atlet-atlet yang berasal dari 14 perguruan tinggi yang ada di DIY tersebut akan didampingi oleh 19 pelatih.

Ragam cabor yang akan diikuti kontingen DIY antara lain anggar, atletik, bola basket, bola voli pasir, bulutangkis, catur, futsal putra, judo, karate, kempo, panjat tebing, pencak silat, renang, tarung derajat, dan tenis lapangan. (wwj/humas)