Wujud Komitmen Layanan Kesehatan Berkualitas, Klinik Pratama UPNYK Adakan Akreditasi Klinik

  • Senin 27 November 2023 , 10:15
  • Oleh : Dewi
  • 824
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Presentasi Pimpinan Klinik Pratama UPNYK saat kegiatan akreditasi klinik. Sumber: Biro Humas UPNYK

INFOUPNYK - Sebagai langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Klinik Pratama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) mengadakan akreditasi klinik pada hari Sabtu, 25 November 2023. Kegiatan akreditasi klinik dibuka dengan presentasi Pimpinan Klinik tentang profil Klinik, program peningkatan mutu, dan pelaporan IKP terhadap Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (LAFKESPRI) secara daring.

Pimpinan Klinik Pratama UPNYK, dr. Sri Handayani menyadari pentingnya evaluasi ini dalam menjaga komitmennya untuk menjadi penyedia layanan kesehatan yang lebih baik. Kegiatan akreditasi klinik menjadi langkah strategis bagi UPNYK dalam menjamin kualitas dan efektivitas layanan kesehatan yang disediakan oleh fasilitas kesehatan.

"Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tentunya proses akreditasi klinik ini menjadi sangat penting. Maka dari itu diselenggarakan proses evaluasi seperti ini untuk menjaga kualitas dan efektivitas layanan oleh fasilitas kesehatan," ujar dr. Sri Handayani.

Proses akreditasi klinik dilanjutkan dengan sesi pemaparan tim surveyor dari LAFKESPRI terkait standar, kriteria, dan prosedur evaluasi yang akan diterapkan selama proses akreditasi berlangsung. Tim Surveior Tata Kelola Pelayanan dan Penunjang LAFKESPRI, dr. Sumitro, M.Sc, Sp.KKLP, menekankan pentingnya akreditasi dalam memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

"Akreditasi bukan hanya sekedar sertifikasi, melainkan sebuah komitmen untuk menyediakan layanan kesehatan yang memenuhi atau melampaui standar yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan di mana pasien menerima perawatan yang aman, dan efektif," imbuhnya.

Proses akreditasi klinik melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek Klinik Pratama UPNYK, yang meliputi telaah dokumen, praktik klinis, perawatan pasien, manajemen fasilitas, dan kepatuhan terhadap pedoman peraturan. Tim survei akan memeriksa kepatuhan klinik terhadap protokol, kompetensi tenaga kesehatan, dan pengalaman pasien secara keseluruhan. Sebagai informasi tambahan, kegiatan akreditasi klinik akan berlanjut pada hari Selasa, 28 November 2023 dengan agenda visitasi secara langsung ke Klinik Pratama UPNYK oleh Tim Surveior LAFKESPRI.

Dr. Susanta, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPNYK, menyatakan optimismenya terhadap proses akreditasi ini. "Akreditasi klinik ini merupakan bukti komitmen kami melalui Klinik Pratama UPNYK dalam menyediakan layanan kesehatan terbaik. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk menunjukkan dedikasi dan kompetensi para tenaga medis dan staf pendukung kami dalam peningkatan layanan kesehatan baik di lingkungan kampus ataupun masyarakat umum," ucapnya.

Menurutnya, akreditasi klinik tidak hanya merupakan tanda kualitas tetapi juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan reputasi dan kepercayaan institusi kesehatan. Akreditasi klinik memberikan jaminan kepada pasien, pemangku kepentingan, dan masyarakat luas bahwa klinik berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Diharapkan setelah kegiatan akreditasi klinik ini berlangsung, mahasiswa lebih menyadari dan kemudian terdorong untuk bisa menggunakan fasilitas kesehatan yang disediakan UPNYK melalui Klinik Pratama UPNYK.

"Seperti yang kita tahu dalam masa perkuliahannya, mahasiswa UPNYK lebih banyak menghabiskan waktunya di Yogyakarta terutama di lingkungan kampus. Hal tersebut menjadi tanggung jawab kami untuk memberikan layanan kesehatan dengan lebih baik dan kemudian ketika layanan yang diberikan tidak bisa menjangkau kasus medis yang terjadi maka Klinik UPNYK bisa melakukan rujukan dan pengantaran menggunakan ambulans dan kendaraan operasional lainnya," pungkasnya.

Penulis: Dimas Siradje