Program Studi

TEKNIK GEOMATIKA

Visi dan Misi

VISI

Menjadi lembaga pendidikan dan riset Ilmu Teknologi dalam bidang Teknik Geomatika dengan fokus Sumber Daya Alam dan Lingkungan yang menghasilkan pionir pembangunan yang profesional, berwawasan kebangsaan dan bela negara, serta bermutu internasional.

 

MISI

• Menyelenggarakan pendidikan dan riset IPTEK dalam bidang survei, pemetaan dan informasi spasial yang berbasis teknologi informasi.

• Mencetak sarjana-sarjana Teknik Geomatika yang memiliki jati diri semangat kebangsaan, nilai kejuangan, disiplin, dan kreatif, mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan jaman di tingkat nasional maupun internasional.

• Menghasilkan produk-produk Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung Universitas Energi dan Pembangunan Nasional.

• Ikut serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi serta menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga lainnya di dalam ataupun luar negeri.

Keunggulan

Justifikasi pembukaan Program Studi (Prodi) Teknik Geomatika di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta dengan nomenklatur program studi Nomor 2293/E3/2014 tentang jenjang studi strata sarjana (S1) dengan nama program studi “Teknik Geomatika”, merupakan usulan sebagai perwujudan program universitas yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) UPN “Veteran” Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 332/UN62/X2015. Rencana Strategis tersebut menyebutkan salah satunya pembukaan Program Studi Sarjana (S1) Teknik Geomatika sebagai salah satu sasaran strategis dalam tujuan strategis mengenai peningkatan kuantitas dan kualitas program studi dalam rangka penguatan bidang Tridharma Perguruan Tinggi UPN “Veteran” Yogyakarta dalam berkontribusi bagi terciptanya sumberdaya manusia yang unggul serta menunjang pembangunan nasional. Usulan ini juga telah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari Senat Fakultas Teknologi Mineral dan Senat Universitas UPN “Veteran” Yogyakarta.

Urgensi penyelenggaraan Program Studi (Prodi) Teknik Geomatika dalam kebutuhan tenaga kerja nasional, regional, dan internasional yaitu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja lulusan Teknik Geomatika di tingkat Nasional yang dapat bekerja untuk mendukung tenaga ahli di Kementerian Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Badan Informasi Geospasial (BIG), LIPI, BPPT, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lembaga Oceanografi Nasional, Direktorat Pajak Bumi Bangunan, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, BAPPEDA baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, sertdinas Bina Marga, Instansi Militer (TNI), Badan Antariksa Nasional, dan bidang swasta yang terkait dengan survey pemetaan berbasis teknologi informasi.

Tantangan masyarakat ekonomi ASEAN menjadikan lulusan Teknik Geomatika di regional dan dunia internasional sebagai kebutuhan yang strategis, dimana sesuai dengan hasil pertemuan Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) yang menyebutkan bahwa kebutuhan tenaga ahli bidang penyelenggaraan pembangunan dan pengelolaan data dan informasi geospasial yang berkualitas, sesuai standar akademik internasional, dapat bersaing dalam menyediakan berbagai informasi geospasial di perusahaan-perusahaan internasional, harus mampu bekerja dan memanfaatkan peralatan teknologi maju, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program Studi Teknik Geomatika didefinisikan sebagai ilmu yang sistemik, multidisiplin, pendekatan ilmu terpadu untuk menentukan teknik yang tepat mengenai pengumpulan, penyimpanan, pengintegrasian, pemodelan, analisis, perubahan, penampilan, dan pendistribusian data spasial georeferensi dari sumber yang berbeda dengan karakteristik akurasi yang terdefinisi dengan baik dalam format digital. Disiplin ilmu Teknik Geomatika berkembang melalui pengembangan teknologi, instrumen (hardware), sistem (perangkat lunak) dan pengembangan metode dari Ilmu Geodesi. Dalam perkembangannya yang awal sekali ada adalah ilmu Geodesi, sedangkan Teknik Geomatika merupakan jawaban dari perkembangan IPTEK dan peradaban umat manusia.

Berdasarkan hal tersebut di atas,besar keinginan untuk mengenalkan Teknik Geomatika secara umum dan legal pada masyarakat UPN Veteran Yogyakarta dan di luar UPN Veteran Yogyakarta. Pada bulan Februari 2015, usulan Porgram Studi Teknik Geomatika untuk program Strata Sarjana telah diusulkan ke Kemristekdikti. Dan pada 4 Mei 2018 Program Studi Teknik Geomatika secara resmi dapat mewujudkan cita-citanya dengan diterbitkannya Surat Keputusan No. 388/KPT/I/2018 oleh Kemristekdikti.

Tujuan dan Sasaran

Tujuan dari penyelenggaraan pembelajaran di Program Studi Teknik Geomatika untuk menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Geomatika dengan kualifikasi:

• Mampu menyusun perencanaan survei terestris dengan memperhatikan syarat teknik geomatika dan syarat administrasi untuk menghasilkan rencana kerja survei terestris.

• Mampu melakukan pengukuran, perhitungan dan analisis data untuk menghasilkan peta terestris.

• Mampu melakukan pengolahan data dan informasi geospasial melalui teknik editing, uji kualitas, generalisasi untuk membangun basis data geospasial.

• Mampu melakukan pengolahan data inderaja meliputi pengadaan dan pemrosesan Citra inderaja, menyusun Spectral Library, pengambilan sampel untuk menghasilkan peta citra dan Digital Elevation Model (DEM).

• Mampu melakukan penyajian data dan informasi geospasial dengan kaidah/aturan kartografi untuk menghasilkan peta.

• Mampu melakukan analisis data hidrografi antara lain Data Posisi, Kedalaman, Pasut dan Arus untuk membuat peta laut.

• Mampu melakukan pengambilan dan pengolahan data Fotogrammetri untuk menghasilkan Peta Foto dan Digital Elevation Model (DEM).

• Mampu mengimplementasikan Sistem Informasi Geografis (SIG) mendukung pengelolaan sumber daya alam Mampu menggunakan data dan informasi geospasial untuk melakukan analisa berbagai keperluan.

• Mampu mengimplementasikan ilmu ukur tambang untuk pemantauan dan pembuatan peta area tambang.

• Mampu menguasai konsep teoritis pengetahuan dasar geologi, mencakup siklus batuan dan siklus tektonik.

• Mampu berperan sebagai ahli geodesi yang peduli kepada lingkungan, taat peraturan, hukum, dan etika profesi.

Prospek Karir

Umumnya, alumni jurusan Teknik Geomatika akan menjadi seorang Geodet/Surveyor, ahli GIS, insinyur, ahli fotogrametri. Berbagai bidang pekerjaan yang berhubungan dengan kebumian dapat dimasuki oleh lulusan jurusan ini, seperti perminyakan, pertambangan, kelautan, kontruksi, dan lain sebagainya. Selain itu, lulusan jurusan ini juga tak jarang menjadi dosen.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Cara Pencapaian Program

Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan Program Studi Teknik Geomatika ada tiga strategi yakni:

  • Strategi Pengembangan Mahasiswa
  1. Memfasilitasi mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.
  2. Mengadakan kuliah umum untuk mahasiswa Teknik Geomatika.
  3. Mengadakan pelatihan alat yang menunjang kompetensi keilmuan untuk mahasiswa Teknik Geomatika.
  4. Mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terkini dan berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah.
  5. Meningkatkan pengalaman di bidang keilmuan Geomatika melalui interaksi praktisi dan akademisi di luar lingkup UPN “Veteran” Yogyakarta.
  • Strategi Pengembangan Model Pembelajaran (Learning Style)
  1. Meningkatkan keterampilan mengajar (daring maupun luring) dosen agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan terjadinya proses pembelajaran Student Center Learning (SCL).
  • Strategi Sosialisasi
  1. Aturan-aturan akademik dan manual prosedur FTM dan Prodi disosialisasikan melalui web site UPN “Veteran” Yogyakarta dan web site Prodi dengan sasaran Siswa SMA/SMK.
  2. UPPS aktif melakukan sosialisasi ke SMA/SMK di berbagai wilayah.
  3. Mahasiswa Prodi Teknik Geomatika aktif mensosialisasikan dan mempromosikan Prodi Teknik Geomatika dalam organisasi di wilayah sekitar melalui kunjungan langsung ke SMA/SMK di wilayah masing masing Mahasiswa (EXPO CAMPUS).
  4. Aktif mensosisalisasikan Program Studi Teknik Geomatika sebagai prodi baru melalui sosial media di instagram, Twitter, dan LINE.