Amanat Rektor Pada Upacara Tanggal 17 Maret 2015

  • 17 March 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 689
UPN VETERAN Yogyakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua dan selamat pagi Segenap sivitas akademika dan pegawai UPN “Veteran” Yogyakarta yang saya hormati dan saya banggakan.Pada pagi hari ini ada beberapa hal yang perlu saya informasikan antara lain

                Pertama, pada tanggal 2 Maret 2015 Auditor SAI GLOBAL telah melakukan pra audit sertifikasi ISO Biro Administrasi Akademik, mohon untuk  kekurangannya  segera diperbaiki, sehingga sertifikasi ISO 9001-2008 Biro Adminstrasi Akademik mendapatkan prestasi yang baik. Harapan ISO bagi UPN ”Veteran” Yogyakarta adalah mampu mengimplementasikan  prestasi tersebut dalam keseharian sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing melalui peningkatan kinerja dan kerjasama yang solid, dapat menjadi contoh dan panutan bagi satker yang lain di lingkugan UPN ”Veteran” Yogyakarta. 

 Kedua, pada tanggal  26 Feberuari 2015 Biro Kerjasama dan Komunikasi mengadakan pembahasan tentang Pedoman Gratifikasi di Lingkugan UPN ”Veteran” Yogyakarta dengan nara sumber dari Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) UGM, dengan tujuan agar kedepan seluruh warga UPN ”Veteran” Yogyakarta faham mengenai batas-batas gratifikasi, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan, karena melanggar peraturan perundangan yang berlaku.

Ketiga, pada tanggal 7 Maret 2015 Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan mengadakan Diskusi Panel yang merupakan salah satu dari rangkaian acara kegiatan Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2015 bertempat di hotel Royal Ambarukmo, hadir pada acara tersebur Direktur PPs sebagai nara sumber.

 

Keempat, kami sampaikan informasi:

  1. Olimpiade MIPA (Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi) untuk Perguruan Tinggi Tahun 2015 telah dibuka, Pendaftaran peserta dilaksanakan mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 27 Maret 2015, dengan masing-masing Perguruan Tinggi maksimal 7 (tujuh) mahasiswa per bidang Ilmu. Pendaftaran peserta dilaksanakan di Kopertis Wilayah V  yang ditunjuk oleh Kementerian  Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai pelaksana Olimpiade MIPA
  2.  National University Debating Championship (NUDC) Tahun 2015 untuk Perguruan Tinggi di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah di buka. Seleksi tingkat wilayah dilakukan tanggal 24 sampai dengan 26 Maret 2015. Setiap Perguruan Tinggi dapat mengirimkan 1 (satu) tim terbaik yang terdiri atas 2 (dua) mahasiswa sebagai debater dan 1 (satu) mahasiswa/done sebagi N1 adjudicator. Pelaksana  acara ini adalah Kopertis Wilayah V Propinsi DIY, yang telah dunujuk oleh Kementrian Ristek dan dikti.

 

Kelima, berdasarkan Permendikbud Nomor 92 Tahun 2014 tentang Petujuk Teknis Pelaksanaa Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen, disampaikan bahwa ketentuan baru tentang Penilaian Angka Kredit (PAK) kenaikan pangkat/jabatan fungsional dosen ke jenjang Lektor Kepala dan Guru Besar dilakukan secara online melalui laman http://pak.dikti.go.id yang dapat mengajukan PAK adalah dosen yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)  dapat diajukan melalui laman  http://forlap.dikti.go.id  

Keenam, pada tanggal 5 Maret 2015 diselenggarakan pertemuan Regional  Dialog Pendidikan Global Britisth Council di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Yang dihadiri oleh 13 delegasi senior (rektor/wakil rektor) universitas di Inggris. UPN ”Veteran” Yogyakarta di wakili oleh Wakil Rektor III Dr. Ir. M. Nurcholis, M.Agr, pertemuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara Inggris dan Indonesia baik di bidang riset, maupun program kemitraan pendidikan tinggi lainnya dengan berfokus pada beberapa bidang diantaranya: 1) bisnis; 2) Teknik Industri MIGAS dan energi terbarukan); 3) lingkungan hidup/biodiversitas; dan 4) Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dan beberapa bidang ilmu lainnya. Pertemuan tersebut juga merupakan langkah awal identifikasi peningkatan kolaborasi potensial riset antara universitas Inggris dan Indoensia khususnya dana bantuan riset (Newton Research Fund). Pertemuan tersebut juga merupakan komitmen untuk menindaklanjuti penandatanganan nota kesepakatan antara Ingris dan Indonesia tahun 2012 yang ingin memperkuat sektor Pendidikan Tinggi kedua negara.

 

Ketujuh, Pada tanggal 9 sampai dengan 10 Maret 2015 di Universitas Sumatera Utara(USU) telah berlangsung  acara  7th  Joint Working Group(JWG) antara perguruan tinggi  di Indonesia dengan perguruan tinggi dan lembaga ristek Perancis. Kegiatan tersebut sebagai  forum untuk mengevaluasi dan pemutakhiran strategi dan rencana kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara Indonesia dan Perancis.Pada acara JWG tersebut UPN ”Verteran” Yogyakarta diwakili oleh Warek III Dr. Ir. M. Nurcholis, M.Agr. dan  peneliti LPPM Dr.Ir. Jatmika Setiawan, MT. Hasil pertemuan  acara tersebut akan disosialisasikan  dengan bidang yang relevan.

 

Kedelapan, pada tanggal 23 Februari sampai dengan 7 Maret 2015 Bendahara UPN ”Veteran” Yogyakarta telah mengikuti Diklat Bendahara Pengeluaran (bersertifikasi) di LPMP Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dimaksudkan ketika kita sudah menggunakan APBN maka pertanggungjawaban keuangan  kepada negara oleh sebab itu kita harus hati-hati dan mengunakan aturan yang berlaku.  

 

Kesembilan, pada tanggal 13 Maret 2015 Biro Administrasi Akademik telah mengadakan pelatihan bagi operator Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) dengan mendatangkan nara sumber dari Dikti.

 

Kesepuluh, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tingg (BAN-PT) Nomor : 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pada Program Sarjana Program Studi Teknik Geofisika mendapat nilai 330 dengan peringkat Akreditasi B, sedangkan Program Studi Diploma-III Teknik Kimia berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 481/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014 mendapat nilai 290 dengan peringkat Akreditasi C, kami menghimbau kepada prodi yang telah mendapatkan nilai akreditasi tersebut bekerja keras untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

 

Kesebelas, berdasarkan Surat dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 0724/E 3.1/2015 tanggal 26 Februari 2015 perihal Beasiswa/Bantuan Biaya Pendidikan PPA Tahun 2015 UPN ”Veteran” Yogyakarta Mendapat kuota 100 mahasiswa, persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut dapat dilihat pada Pedoman Umum Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)  Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tingg.

 

Keduabelas,  pada tanggal 9 sampai  dengan 14 Maret 2015 UKM Pencak Silat telah menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Perguruan Tinggi untuk memperebutkan Piala Presiden RI di Auditorium UPN ”Veteran” Yogyakarta.

 

Ketigabelas, Prodi Hubungan Internasional bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI menerima 10 (sepuluh) mahasiswa dari berbagai negara dalam program BSBI, pembukaan program BSBI dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Prodi Hubungan Internasional dihadiri Dubes Suriname Nur Syarif Raharjo.

Keempatbelas, LPPM UPN ”Veteran” Yogyakarta telah melaksanakan pelatihan  revieuwer bagi hibah  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan informasi hibah Ditabdimas Dikti dari Kementrian Ristekdikti serta LPDP. Dimohon para dosen dapat memanfaatkan program tersebut dengan mengajukan proposal sesuai dengan aturan yang berlaku.

  

                Akhirnya saya mengucapkan selamat bekerja semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi langkah kita dalam mengemban tugas mulia di lembaga yang kita cintai ini.

Sekian

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

               

                                Rektor 

                                                                                 

                                TTD

 

                                Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc

                                NIP. 19561219 198411 2 001

 

 

 

Previous Next