ATLET BULU TANGKIS UPN VETERAN YOGYAKARTA BAWA PULANG PERAK DARI AJANG POMNAS XVII DI PADANG

  • Rabu 30 November 2022 , 03:16 PM
  • Oleh : Dewi
  • 411
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - Atlet bulu tangkis UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) berhasil membawa pulang medali perak dari ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII yang digelar di Kota Padang. Atlet tersebut bernama Yohanes Bayu Kusumo Budi Cahyana, ganda putra berpasangan dengan atlet Universitas Islam Indonesia (UII).

Bayu mengaku selalu latihan dengan semangat saat bersiap tanding dalam ajang POMNAS ini. Tantangan yang dihadapi menurutnya adalah mental dari diri sendiri. "Saat mau ke POMNAS persiapan sudah sangat baik. Melakukan latihan rutin setiap harinya," kata Bayu.

Menurutnya dia juga mendapatkan kelonggaran berlatih dengan diberikan izin latihan empat jam sehari. Izin ini dia dapatkan dengan surat izin kampus dan dari kontingen Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi).

Atas capaian ini Bayu tidak berpuas diri, meski bangga bisa membawa pulang medali. Dia masih punya target mendapatkan membawa pulang medali emas dalam POMNAS ke XVIII di Kalimantan Selatan tahun 2023.

"Saya juga ingin bertanding ke luar negeri mewakili kampus tercinta UPNV YK," ucap mahasiswa Manajemen semester tiga ini.

Baginya bulu tangkis adalah hobi yang memberikan banyak keuntungan. Tidak hanya membuatnya jadi mahasiswa yang berprestasi namun juga membanggakan bagi orang-orang di sekitarnya, khususnya kedua orang tua.

Bulu tangkis, kata Bayu, adalah cabang olahraga yang paling sering mengharumkan nama bangsa. Ini menjadi salah satu alasan Bayu lebih tertarik pada cabang olahraga ini.

"[sejarah hidup terkait bulu tangkis] sudah dimulai sejak usia enam tahun. Karena pertama kali olahraga yang pernah aku juarai sewaktu banyak olahraga yang aku ikuti dulu waktu kecil," kenangnya.

Tidak hanya Bayu, atlet UPNV YK lain yang ikut ajang POMNAS XVII yakni Reyhan Ragata Izzan Shafa bertanding untuk cabang olahraga (Cabor) Karate, Valeria Pauline Cabor Renang Lintasan. Valeria Pauline membawa pulang perunggu untuk lomba 50 meter gaya kupu-kupu.

Previous Next