Atlet UPNYK Borong 22 Medali dalam Kejuaraan Nasional Taekwondo

  • Selasa 28 November 2023 , 04:51
  • Oleh : Dewi
  • 693
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo (UKM Taekwondo UPNYK) berhasil memborong 22 medali pada Kejuaraan Nasional Taekwondo Grade-C Wali Kota Cup X 2023 yang digelar di GOR Amongrogo hari Sabtu-Minggu (18-19 November 2023).

UKM Taekwondo UPNYK menyabet total 22 medali dalam dua hari penyelenggaraan kompetisi. Torehan medali tersebut antara lain 6 medali emas, 8 medali perak, 8 medali perunggu, serta 1 penghargaan Best Player Junior Putra. Sebagai informasi, berikut adalah daftar Anggota UKM Taekwondo UPNYK yang berhasil mengukir prestasi pada Kejuaraan Nasional Taekwondo Grade-C Wali Kota Cup X 2023:

Medali emas:

  1. Dandy Valentino Radya Hariyadi (Hubungan Internasional), Poomsae Individu
  2. Aliya Diena Ibtihal (Teknik Lingkungan), Poomsae Individu
  3. Arvi Bintang Fredelina (Manajemen), Poomsae Individu
  4. Sari Riwahyanti (Manajemen), Kyorugi Female U-46
  5. Gani Hauzan Fadhil (Administrasi Bisnis), Kyorugi Male U-54
  6. Osah Alsunah (Teknik Industri), Kyorugi Male U-68

Medali perak:

  1. Farras Hafizhah (Informatika), Poomsae Individu
  2. Anita Lestari Junaidi (Agroteknologi), Poomsae Individu
  3. Jundi Musthofa Al Munba'its (Ekonomi Pembangunan), Kyorugi Male U-54
  4. Ajeng Ayu Natasya Utami (Agroteknologi), Kyorugi Female U-49
  5. Bayu Raya Ramadhani (Manajemen), Kyorugi Male U-63
  6. Naufal Hanif Hilmi Nugraha (Manajemen), Kyorugi Male U-68
  7. Ahmad Aldi Ristony (Akuntansi), Poomsae Individu
  8. Vidya Yunika Dwi Karunia Putri (Ekonomi Pembangunan), Kyorugi Female U-53

Medali perunggu:

  1. Ahmad Aldi Ristony (Akuntansi), Dhany Aprianto (Hubungan Internasional), dan Vincentius Christian Sugianto (Informatika), Poomsae Beregu
  2. Dhany Aprianto (Hubungan Internasional) dan Baety Mulyani (Administrasi Bisnis), Poomsae Pair
  3. Vincentius Christian Sugianto (Informatika), Poomsae Individu
  4. Muhammad Aulia (Ilmu Komunikasi), Kyorugi Male U-80
  5. Aulia pratiwi (Metalurgi), Kyorugi Female U-53
  6. Fachrul Dava Iskandi (Teknik Perminyakan), Kyorugi Male U-58
  7. Dhita Dalilla Akrab (Teknik Perminyakan), Kyorugi Female U-53
  8. Khoirunisa Agustina (Manajemen), Kyorugi Female U-49

Kejuaraan Nasional Taekwondo Grade-C Wali Kota Cup X 2023 jadi ajang pembuktian kemampuan bagi UKM Taekwondo UPNYK. Ahmad Aldi Ristony sebagai Ketua UKM Taekwondo mengaku sangat terkesan dengan capaian anggotanta, pasalnya waktu persiapan dan latihan rutin sebelum kompetisi hanya berkisar satu bulan saja.

"Alhamdulillah dengan persiapan yang hanya 1 bulan ini saya sangat bersyukur atas pencapaian yg diraih oleh saya dan temen2 semua. Tentu 1 bulan yg harus kita korbankan untuk latihan ini berujung manis, karena kami mampu membawa pulang 6 medali emas 8 medali perak dan 8 medali perunggu untuk kampus tercinta," ujar Aldi yang juga meraih medali perak pada nomor Poomsae Individu (25/11/2023).

Prestasi yang diraih UKM Taekwondo UPNYK menurutnya adalah hasil kerja keras dan kerjasama yang optimal dari ia dan seluruh timnya. Aldi berharap Kejuaraan Nasional Taekwondo Grade-C Wali Kota Cup X 2023 menjadi pembuka untuk deretan prestasi lainnya di ajang nasional hingga internasional.

"Saya berterimakasih atas kerja kerasnya untuk para Atlet, Pelatih, dan tim yang saling bahu-membahu untuk menampilkan yang terbaik di Walikota Cup kemarin. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada pihak kampus yang sudah mensupport kami, semoga kedepannya kampus selalu mensupport untuk terus berprestasi di tingkat nasional dan semoga kita bisa juga berprestasi di tingkat internasional untuk selanjutnya," tambah Ketua UKM Taekwondo UPNYK itu.

Terpisah, salah satu Anggota UKM Taekwondo UPNYK Aliya Diena Ibtiha mengaku cukup gugup saat sebelum kompetisi, lantaran ia merasa durasi latihan yang hanya sebulan terbilang sangat sempit untuk Kompetisi Nasional. Mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan ini tidak menyangka bahwa dengan persiapan yang diselingi kegiatan perkuliahan, ia tetap berhasil meraih medali emas pada nomor Poomsae Individu.

"Latihan selama hampir sebulan ternyata tidak sia-sia, awalnya ragu bisa berdiri di depan juri dan melakukan gerakan Poomsae-nya, tapi aku pasrahin aja dan kasih yang terbaik. Keren sih, masih tidak menyangka," ucap Aliya saat di wawancarai secara daring (25/11/2023).

Penulis: Dimas Siradje