Cerita Nahdiyah, Anak Petani Penerima KIP Yang Jadi Wisudawan Terbaik UPN Veteran Yogyakarta

  • Senin 22 Juli 2024 , 02:54
  • Oleh : Dewi
  • 2071
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK_ Di tengah sorak sorai kelulusan yang meriah, Nahdiyah seorang mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK), berhasil mencuri perhatian sebagai wisudawan terbaik raih Karya Cendekia periode IV Tahun Ajaran 2023/2024.

Prestasi istimewa ini sangat menginspirasi mengingat Nahdiyah berasal dari keluarga petani dan merupakan penerima KIP Kuliah, bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Tidak hanya berprestasi di lingkungan kampus, Nahdiyah juga menjadi salah satu peserta istimewa dalam program SEAMEO TVET Virtual Student Exchange Program 2022 antara UPN "Veteran" Yogyakarta dengan Technological Institute of The Philippines.

Nahdiyah menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak baik orang tua, rekan dan khususnya  dosen pembimbing kuliah.

“Terimakasih atas bimbingannya Pak Herry Sofyan, ST.M.Kom  selaku pembimbing pertama dan Dr. Herlina Jayadianti, ST, MT sebagai pembimbing kedua, berkat bimbingan kalian saya dapat selesai kuliah 3 tahun 9 bulan,”terang Nahdiyah lulusan terbaik UPNYK yang berasal dari MAN 3 Cirebon anak ketiga dari empat bersaudara dari Bapak Kusen dan Ibu Ida Wakhidah.

Nahdiyah berpesan  bahwa latar belakang keluarga bukanlah penghalang untuk meraih prestasi. 

“Tantangan ekonomi jangan gunakan sebagai alasan untuk kendor melanjutkan kuliah, tetap semangat, keberhasilan membuktikan bahwa latar belakang tidak menjadi hambatan untuk meraih impian,” terang Nahdiyah.

Tak hanya Nahdiyah yang mencuri perhatian, Mashari Saputra dari Program Studi Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang merupakan seorang anak sopir, juga menjadi lulusan terbaik UPNYK pada wisuda kali ini.

Mahasiswa asal Bali itu berhasil lulus dengan nilai IPK 3.7 dengan masa studi 3 tahun 8 bulan. Mashari selama kuliah sempat tinggal di masjid dan menjadi seorang Takmir Masjid. Sebelum lulus kuliah, mahasiswa itu sudah bekerja dan dipercaya memegang 87 toko di PT. Lancar Wiguna Sejahtera.

Rektor UPNYK Prof. Dr. Muhamad Irhas Effendi, M.Si menyampaikan bahwa  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) menggelar Upacara Wisuda periode ke-IV Tahun Akademik 2023/2024 kali ini diikuti 872 wisudawan dari Program Diploma, Sarjana dan Pascasarja di Gedung Auditorium pada Sabtu, 20 Juli 2024.

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati dan para orang tua/wali beserta keluarga, atas keberhasilan menyelesaikan studi di UPN “Veteran” Yogyakarta. Semoga ilmu pengetahuan, teknologi, pengalaman, dan keterampilan yang diperoleh, serta gelar akademik yang disandang, bermanfaat  bagi para wisudawan, keluarga, bangsa, dan negara," kata Rektor. “Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati dan para orang tua/wali beserta keluarga, atas keberhasilan menyelesaikan studi di UPN “Veteran” Yogyakarta. Semoga ilmu pengetahuan, teknologi, pengalaman, dan keterampilan yang diperoleh, serta gelar akademik yang disandang, bermanfaat  bagi para wisudawan, keluarga, bangsa, dan negara," kata Rektor.