DUKUNG MBKM, AIESEC UPNVY BERSAMA PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN FAKULTAS EKONOMI BISNIS ADAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT

  • Selasa 09 Juli 2024 , 09:42
  • Oleh : Admin
  • 621
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) selenggarakan pengabdian masyarakat bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Association internationale des étudiants en sciences économiques et commerciales (UKM AIESEC) UPNVY. Guna mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), AIESEC UPNVY mengadakan program global volunteer dengan mendatangkan relawan-relawan dari AIESEC luar negeri untuk dating dan berkontribusi dalam program ini. Salah satu aktivitas program ini yaitu pengabdian masyarakat dengan peserta mahasiswa asing volunteer internasional untuk berkunjung ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik di wilayah Kota Gede, Yogyakarta pada Selasa 7 Juli 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan kerja sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi Hubungan Intenasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Diikuti 30 peserta acara tersebut menggabungkan kegiatan ekonomi dengan melibatkan UMKM Batik dan juga peserta internasional dari AIESEC.

Ludiro Madu, SIP., M.Si selaku koordinator AIESEC UPNVY menyampaikan program ini dilakukan untuk kerja sama internasional beserta berkaitan internasional. Dengan adanya program pengabdian dengan menyertakan relawan global dari AIESEC, diharapkan dapat mendukung program MBKM sekaligus mendukung komitmen UPNVY terkait internasionalisasi universitas.

“pengabdian ini dilakukan dengan melibatkan partisipasi dari jurusan (HI) dan fakultas (FEB) di UPNVY, selain itu program ini akan sinkron dengan komitmen kampus untuk internasionalisasi,” Ujar Ludiro.

Dalam kesempatan yang sama, Aryanta Nugraha, Sip., M.Si., MA, PH.D selaku kepala jurusan Hubungan Internasional juga menyampaikan bahwa acara ini memang dikoordinasi oleh AIESEC UPNVY dan dilakukan di sekitar Yogyakarta. Kemudian dengan adanya program global volunteer, UPNVY mengintegrasikan dengan kegiatan kampus dengan tujuan agar lebih bermanfaat bagi semua pihak kedepannya. “Selain mereka punya kegiatan sendiri, kita integrasikan dengan kegiatan kampus sehingga yang menerima manfaatnya bukan hanya masyarakat dan mahasiswa yang terlibat tapi juga bermanfaat bagi kampus dan juga relawan global yang mengikuti agar dapat mempelajari batik,” Ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam mendukung program ini UPNVY juga melibatkan seluruh program studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam pengabdian masyarakat. Dengan kontribusi FEB dalam program ini, UMKM yang memang memiliki potensi. Dr. Januarta Eko Prasetio, M. Si., Ak., CA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyampaikan bahwa program ini bukan hanya menjadi promosi UMKM tapi juga memberikan kesempatan pada mahasiswa asing untuk belajar.

“program ini merupakan kerja sama antara HI dengan FEB nanti setiap prodinya akan membawa mahasiswa asing masing-masing. Dimana program ini akan memperkenalkan UMKM batik di Kota Gede, selain mempromosikan juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk belajar membatik,” Ujar Januarta.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat mendukung internasionalisasi UPNVY sekaligus semakin mengembangkan AIESEC UPNVY sendiri. Tidak hanya itu, diharapkan dalam event atau program kedepannya semua jurusan juga dapat berpartisipasi dalam event-event AIESEC.