DUKUNG PROGRAM MBKM, UPN “VETERAN” YOGYAKARTA GANDENG UNIVERSITAS JAMBI

  • 21 January 2022 , 03:51 PM
  • Oleh : Dewi
  • 444
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman –  Dalam rangka mendukung  peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kampus Merdeka, UPN “Veteran” Yogyakarta  terus menjalin berbagai usaha dan kerjasama untuk mengaktualisasikanya, termasuk melaksanakan sinergi dengan Perguruan Tinggi bersama Universitas Jambi,  Jumat 21/1/2022) di Ruang Rapat Gedung Rektorat.

 

Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si selaku  Rektor. UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Jambi yang telah bersedia menjalin kerjasama dengan UPN Veteran Yogyakarta. Dia berharap kerja sama yang telah disepakati dapat  segera ditindaklanjuti dan memberikan manfaat bagi seluruh pihak, masyarakat, bangsa dan negara.

 

“Rektor UPN Veteran Yogyakarta menambahkan  bahwa peningkatan SDM dan pengembangan kualitas mutu akademik kampus menjadi fokus utama dalam melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu kegiatan yang mendukung peningkatan SDM dan mutu pendidikan yakni dengan melakukan kerjasama pendidikan antar kampus.

 

Ia berharap MoU antara kedua belah pihak segera dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa menguatkan produktivitas masing-masing pihak dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

 

Rektor UPVVY menambahkan kerjasama ini nanti kita harapkan semakin dapat meningkatkan hasil inovasi, selain itu pengembangan riset  semakin inovatif dan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan masyarakat. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan potensi sumber daya yang dimiliki kedua universitas. Hal ini dilakukan dengan bersama-sama melaksanakan kegiatan dan menyelaraskan progam. Dalam ini yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta dukungan terhadap program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

 

Dr. Drs Kamid,M.Si  selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi mengatakan melalui kerja sama ini nantinya dapat mendukung pembangunan pendidikan tinggi yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai kebangsaan kuat.

 

“Kedepan semoga bisa dilakukan kerja sama yang lebih luas lagi,” ucapnya.

 

Untuk dimengerti  progam bersama ini berlaku dalam jangka waktu lima tahun. Durasi ini juga dapat diperpanjang apabila terdapat kesepakatan kedua pihak. Untuk menyukseskan kerja sama ini, dua universitas akan mendelegasikan pejabat di lingkungannya sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.  Kesepakatan ini dibentuk dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, peraturan dan prosedur internal yang berlaku di lingkungan kerja masing-masing universitas serta peraturan perundang–undangan yang berlaku. Dengan demikian, itikad baik yang diharapkan dapat terlaksana. Kerja sama nomor UN21/HK.07.00/2022 ini nantinya juga akan dilakukan evaluasi secara berkala setiap satu tahun sekali. Evaluasi ini dilakukan pada aspek pelaksanaan dan realisasi kerja sama dengan harapan terdapat peningkatan kinerja dari waktu ke waktu.

 

Previous Next