ELVIN ADE ARYANI, MAHASISWA UPN VETERAN YOGYAKARTA RAIH JUARA 3 DI AJANG ESSAY COMPETITION GEDE 7th

  • Selasa 17 Mei 2022 , 02:51 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1091
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Elvin Ade Aryani, Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2019 berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi Esai. Juara tersebut diraih pada ajang Essay Competition GEDE 7th Webinar Nasional bertema “Sociopreneurs Roles: How to Earn Money, Empower Society, and Achieve Sustainable Development Goals.” Adapun untuk Sub Tema lomba terdiri dari Ekonomi, Sosial, Teknologi, Pendidikan, dan Kesehatan.

Essay Competition GEDE 7th merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh jurusan Ekonomi Pembangunan UPN Veteran Yogyakarta. Pada tiap tahunnya, GEDE menjadi program unggulan dengan mengkolaborasikan tiga bidang kepengurusan sebagai implementasi nilai-nilai dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Awalnya, melalui grup  angkatan jurusan, Elvin pertama kali mengetahui terkait informasi lomba Essay Competition GEDE 7th tersebut. Ia kemudian merasa dengan mengikuti kompetisi tersebut dapat membantunya dalam menguji kebenaran ide dan mendapatkan solusi yang lebih baik melalui karya tulis ilmiah. “Berangkat dari sebuah ide atau solusi baru ketika melihat suatu permasalahan yang ada di sekitar, kemudian mengangkat dan mengenalkan ide yang saya miliki melalui sebuah karya tulis ilmiah, saya dapat menguji kebenaran ide maupun mendapatkan kritik dan saran guna mendapatkan solusi yang semakin baik,” jelas Elvin.

Elvin berhasil menjadi juara dengan mengangkat judul Esai “Katering Sehat Transpuan: Upaya Bisnis, Pemberdayaan, dan Perwujudan Pembangunan Keberlanjutan dalam Satu Wadah.” Adapun target sasarannya adalah transpuan dan pengembangan bisnis yang digagas berfokus pada lingkup Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Elvin pun turut menjelaskan mengapa ia memilih DIY sebagai fokus dalam esainya, “DIY merupakan salah satu wilayah yang sejak lama telah banyak menjadi saksi pergerakan transpuan Indonesia,” ujarnya.

Setelah dinyatakan sebagai salah satu juara, Elvin mengaku sangat senang sekaligus tidak menyangka. Ia mengatakan, “Senang sekaligus tidak percaya karena ini merupakan perlombaan pertama yang saya ikuti dan saya dinyatakan sebagai salah satu juaranya.”

Terakhir, Elvin juga menyampaikan harapannya untuk teman-teman mahasiswa lainnya. “Harapannya adalah semangat para mahasiswa dapat terpacu untuk terus meraih berbagai macam prestasi di bidang apapun, mulai dari akademik hingga non-akademik, sehingga dapat membanggakan almamater,” tutup Elvin.

Previous Next